229 Bolangitang, Komunitas Legeru Reborn Bawakan Lagu Bulangita Lipuhuta

  • Share
Dok Youtube Mania Post.

TORANGPEBERITA.COM- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bolangitang ke-229 Tahun, lagu Bulangita Lipuhuta kembali menggema.

Bulangita Lipuhuta tersebut dinyanyikan oleh sekelompok anak muda pegiat seni yang menamakan komunitasnya ‘Legeru Reborn’.

Salah satu anggota Legeru Reborn, Ridwan Lasamano kepada media ini mengatakan, Bulangita Lipuhuta merupakan suatu karya yang harus terus dipelihara.

“Sejauh ini, Bulangita Lipuhuta belum pernah di aransemen dalam bentuk MP3 maupun klip video. Dan untuk mempermudah anak cucu kita nanti mengakses lagu ini, maka kami memberanikan diri untuk memunculkan kembali lagu ini,” ucap Ridwan.

Baca Pula:  Bolmut Peringkat Satu di Sulut dan 15 Nasional Soal Indeks Kualitas Lingkungan Hidup

Ridwan mengungkap, tradisi tutur yang ada di Bolangitang, membuat lagu tersebut hanya bersandarkan pada hafalan saja.

“Berdasarkan informasi yang kami (Komunitas Legeru Reborn) dapatkan, lagu ini sempat dijadikan lagu wajib di Sekolah Dasar pada Tahun 1970 hingga 1980an,” katanya.

Ia mengurai, lagu tersebut pertamakali dikarang sekitar Tahun 1960an.

“Informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, Lagu Bulangita Lipuhuta diciptakan sekitar Tahun 1960an oleh dua kakak beradik yang merupakan tokoh Bolangitang. Yakni E.S. Pontoh (alm) dan A. Pontoh (alm),” urainya.

Baca Pula:  Pemerintah Desa Bolangitang Gelar Musrenbangdes Tahun 2024

Ia menuturkan, lagu yang berbahasa daerah tersebut terdapat dua bagian yang menceritakan sejarah singkat negeri Bolangitang.

“Tentang leluhur Bolangitang, hingga terbentuknya Kerajaan. Kemudian bagian kedua menyebutkan nama-nama Desa yang ada di wilayah Bolangitang,” tuturnya.

Karya tersebut pun, lanjutnya, merupakan suatu penghargaan yang Komunitas Legeru Reborn persembahan kepada Negeri Bolangitang.

“Juga hadiah di HUT Bolangitang ke-229 Tahun,” ujarnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *