Gempa Bumi Guncang Bolmut, Akibat Adanya Aktivitas Lempeng Laut Sulawesi

  • Share
Garis pantai di Kabupaten Bolmut. Tampak Pelabuhan Boroko. (Dok Ronny Buol)

TORANGPEBERITA.COM- Sabtu 12 November 2022, pukul wilayah Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Gorontalo Utara hingga sekitarnya diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,35° LU ; 123,28° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 48 Km arah Timur Laut Boroko Bolmut, Sulawesi Utara pada kedalaman 20 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Sulawesi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault ).

Baca Pula:  Gempa Bumi Mengintai Bolmut, Sabtu Kemarin Berkekuatan M 4,4

Dampak Gempabumi:

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Gorontalo dan Kab. Gorontalo Utara dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Kab. Gorontalo Utara dengan skala intensitas II – III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ) dan daerah Pohuwato dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Pula:  DPC SBSI Bolmut Warning Perusahan Soal Pembayaran THR Tepat Waktu

Gempabumi Susulan:

Hingga pukul 18.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *