Selama Dua Hari, AJI Manado Gelar ToT Jurnalistik

  • Share

TORANGPEBERITA.COM- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menggelar Training of Trainer (ToT) Jurnalistik bagi para anggotanya, selama dua hari, Jumat-Sabtu 13-14 Oktober 2022 bertempat di Aula Montini Sario.

Kegiatan ToT Jurnalistik ini dibuka secara langsung oleh Ketua AJI Indonesia, Sasmito Madrim, via zoom meeting.

Dalam sambutannya, Saswito memberi mengapresiasi AJI Manado terus bergerak maju.

“AJI Manado merupakan AJI yang sehat karena terus aktif berkegiatan untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas sebagai jurnalis,” katanya.

Baca Pula:  Daerah Rawan Terjadi KLB Polio, Kemenkes Akan Beri Perhatian Khusus

Sebanyak 14 anggota AJI Manado mendapatkan materi terkait jurnalistik dari para fasilitator yang berkompeten.

Diantaranya, Joice Bukarakombang yang membawakan materi Pers dan Jurnalistik, Joseph Ikanubun membawakan materi tentang sejarah Pers Global dan Indonesia serta Lahirnya AJI.

Dan Isa Anshar Jusuf yang membawakan materi Dasar-dasar Jurnalistik, serta materi Jurnalisme Data dan Digital yang dibawakan Ronny Buol.

Sementara itu, Ketua AJI Manado Fransiskus Talokon berharap dengan kegiatan ini dapat mendorong para anggota untuk dapat menjadi fasilitator dan peningkatan kapasitas.

Baca Pula:  Daerah Rawan Terjadi KLB Polio, Kemenkes Akan Beri Perhatian Khusus

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali persaudaraan antar sesama anggota AJI Manado,” ujarnya.

Salah satu peserta ToT, Meikel Pontolondo ketika diwawancarai. Mengatakan, banyak hal yang ia daptakan di ToT, keberanian dan penguasaan panggung saat membawahkan materi.

“Saya berharap ToT seperti ini dilaksanakan lagi, agar kebiasaan dalam menguasai dan membawakan materi bisa terbentuk dengan baik. Apalagi terkait Jurnalis Data dan Digital,” terangnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *