Banyak Disorot warga Bolmut, Ini Kata Kepala Kemenag Bolmut Soal Pengeras Suara

  • Share
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). (Dok Kemenag Sulut)

TORANGPEBERITA.COM- Terkait ramainya pembahasan mengenai Surat Edaran (SE) Menteri Agama yang mengatur tentang penggunaan pengeras suara pada Masjid dan Musholah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Idrus Sante angkat suara.

Ia mengatakan edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 18 Februari 2022 lalu banyak menuai sorotan. Termasuk di Kabupaten Bolmut.

Idrus mengatakan, maksud edaran tersebut adalah sebagai pedoman penggunaan pengeras suara di Masjid dan Mushola dengan tujuan untuk mewujudkan ketentraman, ketertiban dan kenyamanan bersama.

“Aturan ini jelas bukan larangan terhadap adzannya, tapi yang diatur adalah fungsi dan volume pengeras suara,” jelasnya.

Menurutnya, aturan tentang penggunaan pengeras suara ini sudah diatur tahun 1978, meskipun pada saat itu Masjid dan Mushola belum sebanyak saat ini.

Lebih lanjut, menurutnya untuk menciptakan suasana kehidupan yang nyaman dan tertib, serta sebagai penegasan Islam itu sangat toleran terhadap kehidupan beragama, maka hal seperti ini perlu diatur.

Mantan Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Minahasa Selatan itu menambahkan, sesungguhnya edaran Menag tersebut lebih bersifat himbauan dan kondisional.

Tidak ada paksaan dan penekanan apalagi pemberian hukuman kepada masyarakat yang tidak melaksanakan edaran tersebut.

“Edaran tersebut bersifat himbauan, dan berlaku secara kondisional ditengah masyarakat”, jelas Idrus.

Kepala Kantor, Idrus Sante berharap setelah esensi edaran ini dijelaskan, masyarakat Bolaang Mongondow Utara tidak lagi menimbulkan prespektif baru yangn dapat memecah belah antar sesama.

sumber : Kemenag Sulut

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.