Sekolah tatap muka di Bolmut : Anak-anak saling mengajak ikut vaksinasi

  • Share
Nabila Kapiso pelajar SMK Kaidipang menjadi orang pertama divaksin. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Nabila Kapiso 17 tahun menjadi orang pertama divaksin Covid-19 kategori anak-anak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ia berbagi cerita saat menjadi orang pertama divaksinasi diusia anak.

Menjadi orang pertama ia mengatakan dirinya tidak gugup. Hal ini juga karena orang tua mendukung dirinya untuk divaksin.

“Ya, Orang tua juga mendukung saya untuk mengikuti vaksinasi,” ujar pelajar kelas 12 keperawatan SMK Kaidipang yang juga sebagai ketua osis ini kepada Torangpeberita.com 5 Juli 2021.

Hal yang sama disampaikan Nazril Humokor 15 tahun ia menjadi orang kedua divaksin Covid-19 kategori anak-anak di Bolmut. Ia mengatakan sebelumnya orang tua juga sudah tau.

Nazril Humokor pelajar SMK Kaidipang menjadi orang kedua divaksin. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim Pemkab Bolmut)

“Kepada teman-teman jangan takut divaksin Covid-19,” pesan pelajar kelas 11 administrasi perkantoran SMK Kaidipang ini yang sekaligus wakil ketua osis.

Sementara itu, Mohamad zacky Putra Talibo 15 tahun siswa kelas 9 SMP 1 Kaidipang mengatakan perasaan senang tapi dek-dekan.

“Ini vaksin dosis pertama bagi saya,” ujarnya.

Baca Pula:  Ada Sesar Lokal, Bolmut Masuk Zona Subduksi Lempeng Laut Sulawesi

Ia menambahkan alasannya divaksin karena
karena ingin mencegah virus Covid-19. Menurunya Sebelumnya ia tidak takut.

“Apalagi orang tua saya bertugas sebagai tenaga kesehatan,” jelasnya pada 1 Oktober 2021.

Vaksinasi anak di Bolmut bukan hanya menyasar diwilayah perkotaan melainkan pelosok desa terpencil. Salah satunya di sekolah Satap Goyo, Kecamatan Bolangitang Barat.

Herizal Pahu tampak tersenyum saat disuntik vaksin Covid-19 khusus pelajar. Siswa kelas 9 SMP Satap Goyo ini mengikuti vaksin yang dilaksanakan di sekolahnya pada 1 November 2021.

Vaksinasi di SMP Satap Goyo Bolmut. (Dok SMP Goyo)

Reza Puasa salah satu guru di SMP satap Goyo mengatakan upaya vaksinasi di sekolahnya merupakan bagian dari mendukung program pemerintah.

Ia menambahkan antusias siswa dalam mengikuti vaksinasi di sekolahnya cukup tinggi. Hal ini dilihat dari siswa kelas 7 sampai 12 yang mengikuti kegiatan vaksin di sekolahnya.

Selain itu, hal ini juga agar nantinya kegiatan belajar mengajar di sekolah berjalan dengan baik. Termasuk dalam mendukung penerapan protokol kesehatan.

“Kami sering mengimbau agar para siswa mengikuti vaksin Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu Goyo merupakan wilayah yang di desa Ollot II, Kecamatan Bolangitang Barat, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Goyo sendiri masuk dalam naungan puskesmas Ollot.

Baca Pula:  Gempa Bumi Mengintai Bolmut, Sabtu Kemarin Berkekuatan M 4,4

Untuk menuju Goyo petugas kesehatan harus melewati sungai menggunakan rakit dengan ongkos sewa rakit bisa Rp3-5 ribu. Selain itu jalan menuju Goyo belum sepenuhnya bagus. Lain sudah diaspal lain belum, banyak bebatuan jikalau hujan becek. Resiko mengalami kecelakaan cukup tinggi. Petugas kesehatan harus menempuh jarak lebih dari lima kilometer, bahkan ban motor sering menjadi bocor akibat kerikil atau barang tajam lainnya.

Goyo sendiri dulunya merupakan wilayah transmigrasi. Pada tahun 2020 pun, bahkan listrik belum genap setahun masuk, dan untuk mendapatkan jaringan seluler biasanya harus naik ke atas gunung.

8736 anak di Bolmut menjadi sasaran vaksinasi

Data satgas Covid-19 Provinsi Sulut ada 8736 anak yang menjadi sasaran vaksinasi. Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengimbau warga Bolmut jangan percaya hoax terkait vaksin Covid-19.

“Kami berharap orang tua mengizinkan, mendorong dan memotivasi anaknya untuk mengikuti vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan vaksin bagi anak-anak sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Vaksinasi terhadap anak usia tersebut adalah upaya mendukung pembelajaran tatap muka di sekolah.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *