Naik 15 batang, rokok yang dihisap orang Bolmut mencapai 100 batang per Minggu

Imbauan kawasan tanpa rokok di perkantoran Kabupaten Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mempublikasikan data statistik Kabupaten Bolmut tahun 2021. Hal ini bisa dilihat dalam publikasi terbaru statistik kesejahteraan rakyat Kabupaten Bolmut tahun 2021.

BPS Bolmut mengeluarkan data terkait rokok. Dimana 36,35 persen penduduk Kabupaten Bolmut yang berusia 15 tahun ke atas merupakan perokok. Dengan rata-rata batang rokok yang dihisap per Minggu mencapai 100 batang.

Baca Pula:  Bupati tunjuk tiga penjabat sangadi di Bolmut, Rinto Puasa jabat sangadi Sonuo

Data ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Dimana 35,84 persen penduduk Kabupaten Bolmut yang berusia 15 tahun ke atas merupakan perokok. Dengan rata-rata batang rokok yang dihisap per Minggu mencapai 85 batang.

BPS menyampaikan sumber data utama yang digunakan bersumber dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang terakhir yakni tahun 2021. Dengan kata lain, publikasi Statistik Kesejahteraan Rakyat ini adalah publikasi hasil pendataan Susenas.

Baca Pula:  Pentingnya pengetahuan keselamatan kerja bagi petani dan pelaku usaha gula aren di Bolmut

Tentu saja hasil pendataan Susenas tidak hanya terbatas pada apa yang  disajikan pada publikasi ini karena data hasil Susenas sangat luas dan bisa menggambarkan banyak kondisi.

Sebaliknya, data yang disajikan pada
publikasi ini masih belum dapat mengukur sepenuhnya kesejahteraan rakyat karena memang masih banyak hal yang belum dicakup pada pengukuran nilai kesejahteraan yang memang multidimensional.

Fakta menarik dan bermanfaat