Lantik Rachmat Pontoh sebagai Pj Sekda, Bupati Bolmut ungkap alasannya

Bupati Bolmut Melantik Rachmat Pontoh sebagai penjabat sekda Bolmut. (Foto Rachmat Tegila/Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh melantik asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat pemkab Bolmut Rachmat Pontoh sebagai Penjabat Sementara (PJs) Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, Jumat 10 Desember 2021.

Pelantikan sendiri dilaksanakan di gedung wanita pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang.

Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan pengangkatan penjabat sekda ini tidak lain karena adanya kekosongan jabatan sekda. Sejak tanggal 26 November 2021.

Baca Pula:  Bupati tunjuk tiga penjabat sangadi di Bolmut, Rinto Puasa jabat sangadi Sonuo

Penunjukan asisten pemerintahan sebagai penjabat sekda merupakan implementasi kebijakan dan apresiasi pemerintah daerah untuk memberikan kepercayaan dan amanah kepada seorang pejabat karier yang dianggap pantas dan memenuhi kriteria dan juga didasarkan dengan berbagai pertimbangan lain.

Jabatan sekda adalah jabatan yang sangat strategis dalam jenjang birokrasi. Karena seorang sekretaris dituntut harus mampu berperan sebagai kasilator, dinamisator, dan motivator dalam penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut jalin kerjasama dengan Bank Sulutgo

Selain itu jabatan Sekda, kata Bupati merupakan jabatan esensial, karena menjadi sentral administrasi penyelenggaraan roda pemerintahan.

“Saya yakin Rachmat Pontoh akan mampu melaksanakan semua itu berdasarkan pengalaman pendidikan dan kepeimpinan yang telah ditunjukan selama ini,” ujar Bupati.

Fakta menarik dan bermanfaat