Serunya lomba layang-layang di desa Batu Bantayo Bolmut

  • Share
Salah satu layang-layang dalam kegiatan. (Foto kiriman (Rusdianto Jukiro)

TORANGPEBERITA.COM- Karang Taruna Desa Batu Bantayo, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar lomba festival Layang-Layang, yang diprakarsai oleh Kepala Desa (Sangadi) terpilih Desa Batu Bantayo Mas Warman, Sabtu 4 Desember 2021 bertempat di areal persawahan Desa Batu Bantayo.

“Sebagian besar permainan tradisional dan olahraga merupakan ekspresi budaya asli dan cara hidup yang memberikan kontribusi terhadap identitas umum kemanusiaan, yang semakin tergerus zaman, maka kita harus berani mengembalikannya menjadikan suatu keseimbangan hidup,” ungkapnya.

Baca Pula:  58 Anak Diimunisasi Dalam Pencanangan BIAN di Bolmut

Sementara itu ketua Pelaksana Festival Layang-layang Arham Lahila mengatakan turnamen layang-layang ini pesertanya terbuka untuk umum.

“Pendaftaran telah usai sejak tanggal 26 November hingga 3 Desember 2021 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Dikatakan Peserta yang telah mendaftar sekitar 220 layang-layang dari beberapa Desa tetangga hingga Daerah Provinsi Gorontalo sebagai daerah tetangga pun ikut mendaftar dalam festival ini.

Perlombaan berjalan dengan sangat seru, karena perlombaan ini tidak dinilai dari uniknya layang-layang tapi perlombaan ini dinilai siapa layang-layang yang berada di atas terakhir.

Baca Pula:  Kakak-Beradik Juara Satu dan Dua Bolmut Fun Run Festival Pesona Batu Pinagut 2022

Yang menjadi keseruan perlombaan ini, tali layang-layang dijadikan satu patok diikat, untuk kemudian menjadikan semua layang-layang saling beradu antara layang-layang satu dengan layang-layang lain.  

“Festival ini berhadiah total Rp2.200.000, untuk juara 1 mendapat Rp1 juta, juara 2 dapat Rp700.000, juara 3 dapat Rp500.000 dan piala bergilir serta sertifikat piagam juara 1, 2 dan 3,” jelasnya. (Rusdianto Jukiro)

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.