Semeru erupsi, tiga gunung ini status siaga, dua gunung di Sulut waspada

Gunung Semeru. (Foto CCTV Semeru)

TORANGPEBERITA.COM- Tiga gunung di Indonesia saat ini berada dalam keadaaan berstatus siaga.  Gunung pertama adalah Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Saat ini, gempa vulkanik yang berkaitan dengan guguran, pertumbuhan kubah lava serta aktivitas tektonik.

Selanjutnya ada Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga berstatus siaga dengan visual asap putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 50-300 meter dari puncak.

“Gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, hembusan asap kawah, dan getaran menerus yang berkaitan dengan aktivitas magma, serta aktivitas tektonik terus terjadi pada Ili Lewotok,” kata keterangan resmi.

Baca Pula:  Mirip dengan seragam polri dan warga bingung, seragam satpam akan diganti

Ketiga ada Gunung Sinabung di Sumatera Utara (Sumut) juga berstatus siaga dengan Asap putih dengan intensitas tipis, tinggi sekitar 50-200 meter dari puncak dengan aktivitas tektonik, 1 kali gempa tektonik lokal dan 6 kali gempa tektonik jauh.

“Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G. Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara dan barat,” imbau Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi.

Baca Pula:  ILO turunkan perkiraan pemulihan pasar tenaga kerja untuk 2022

Selain itu, ada 11 gunung dengan status waspada, yaitu Gunung Ile Werung/Hobal dan Gunung Sirung di NTT, Karangetang di Sulawesi Utara, Semeru, Anak Krakatau di Lampung, Dukono, Ibu, dan Gamalama di Maluku Utara, Kerinci di Jambi dan Sumatera Barat, Bromo di Jawa Timur, serta Soputan di Sulawesi Utara.

Sebelumnya Gunung Semeru erupsi dan mengeluarkan awan panas.

Sumber : Detik.com

Fakta menarik dan bermanfaat