Rabu Berbusa inovasi puskesmas Bolangitang sukseskas program germas

Program Rabu Berbusa oleh puskesmas Bolangitang. (Dok puskesmas Bolangitang)

TORANGPEBERITA.COM- Puskesmas Bolangitang, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki beragam inovasi. Salah satunya Rabu Berbusa (Berbagi buah segar). Program ini menjadi rutin dilaksanakan setiap Minggu atau bertepatan dengan hari Rabu.

Kepala Puskesmas Bolangitang, Latifah Rochania Talibo mengatakan program ini sejak 2019 dilakukan.

“Program ini dilaksanakan setiap hari Rabu. Pengunjung dan pasien diberikan buah segar oleh petugas kesehatan dengan membagikannya,” ungkapnya.

Selain itu program Rabu Berbusa juga merupakan pesan dari program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Karena dilaksanakan setiap hari Rabu, program ini juga bertepatan dengan hari pasar yang ada di Bolangitang wilayah puskesmas Bolangitang.

“Sehingga stok buah bisa kami beli atau dapatkan di pasar,” jelasnya.

Baca Pula:  Bolmut masih miliki 1,6 persen kawasan kumuh

Talibo menuturkan inovasi ini bertujuan mengajak kepada masyarakat untuk mengkonsumsi buah dan sayur masyarakat.

Selain itu program ini memotivasi para pasien agar cepat sembuh dari penyakit dengan banyak  mengkonsumsi buah-buahan segar seperti buah pisang, apel, semangka, dan buah-buahan lainnya yang memiliki banyak kandungan vitamin guna membantu proses penyembuhan selain obat-obatan.

“Karena masih suasana Pandemi Covid-19 kita harus menjaga agar imunitas tubuh tetap kuat, sehingga salah satu perilaku yang harus dibiasakan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran setiap hari,” ujarnya.

Deisy salah satu pengunjung pasien puskesmas Bolangitang menambahkan pihaknya mengapresiasi program ini. Selain itu menambah pengetahuan kepada masyarakat.

“Program ini sangat bermanfaat apalagi kepada pengunjung atau pasien,” ujarnya.

Baca Pula:  Hadir sebagai narasumber di Dalapuli Timur, Sukri Mauda beber peran keprotokolan

Sementara itu inovasi Rabu Berbusa mendapat penghargaan dari pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sebagai program inovatif tahun 2021 kategori SKPD dinas kesehatan puskesmas.


Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan dengan adanya inovasi dari tiap-tiap SKPD semoga dapat meningkatkan pelayanan publik.

“Serta meningkatkan tata kelola pemerintah di Kabupaten Bolmut,” jelasnya.

Terkait germas Bupati selalu menyampaikan  pemerintah daerah mendukung program pusat dalam menekan angka kesakitan dan kematian akibat pola hidup tidak sehat.

“Pemerintah Daerah telah menindaklanjutinya dengan Instruksi Bupati Bolmut no 1 tahun 2018 tentang Germas di Kabupaten Bolmut,” jelasnya.

Dirinya berharap kegiatan Germas agar selalu diterapkan di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Komitmen serta kerjasama semua pihak menjadi kunci keberhasilan dalam penguatan Germas di Daerah,” ujarnya.

Fakta menarik dan bermanfaat