Menanti pembangunan di Pinogaluman sebagai Lokpri

Potret lokasi abrasi pantai di Buko Utara Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut. (Foto Bapeltibang/Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh yang diwakili oleh Asisten III pemkab Bolmut Uteng Datunsolang menghadiri workshop validasi Desa di Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) pembangunan perbatasan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2021 di Kecamatan Pinogaluman, Kamis 11 Novovember 2021.

Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Sulut Djemi Gagola mengatakan
pembangunan di wilayah perbatasan memang harus selalu kita pandang tidak hanya dalam konteks pembangunan yang normal.

Semua pemangku kepentingan, mulai dari pemerintahan pusat, pemerintah daerah hingga pihak swasta, harus bersinergi dan bersama sama dalam mengoptimalkan segala potensi di daerah, termasuk menyikapi dan menyelesaikan berbagai tantangan dan isu strategis, utamanya menyangkut aspek infrastruktur dasar, ekonomi dan perdagangan, sosial, ketersediaan energi, perhubungan dan telekomunikasi, serta pertahan keamanan dan hukum.

Baca Pula:  Liga 3 zona Sulut, Persibolmut takluk dari Boltim FC

“Pemerintah provinsi Sulut telah mengadakan berbagai program dan agenda kerja strategis untuk pembagunan di kawasan perbatasan. Disamping itu, pemerintah pusat guna keterpaduan proses dan arah pembagunan,” ujarnya.

Menjadi tantangan setiap kebijakan, program, kegiatan dan rencana dalam pembagunan di wilayah perbatasan, harus mampu mengcover setiap aspek kebutuhan sesuai dengan karakteristik daerah masing masing.

kegiatan workshop. (Foto Prokopim pemkab Bolmut)

“Kita sudah melaksanakan beberapa kali kegiatan dalam rangka menjawab tantangan tantangan itu, seperti salah satunya workshop koordinasi, integrasi dan sinkronisasi kabijakan otonomi daerah yang kita laksanakan pada bulan juni yang lalu,” jelasnya.

Kegiatan itu, bermaksud untuk mengkoordinasikan, mengitergrasikan program dan kegitan, dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah di kawasan perbatasan, serta menyinkronkan program dan kegiatan pembanguan di Kecamatan Lokpri, yang memang masih membutuhkan perbaikan dan pembahasan sarana dan prasarana infrastruktur fisik, nonfisik, untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan meningkatakan kesejahteraan masyarakat.

Baca Pula:  Bolmut masuk daerah nominator Innovative Government Award tahun 2021

“Hari ini kita melaksanakan workshop dalam rangka validasi data desa desa di kecamatan Lokpri pembangunan berbatasan provinsi Sulut. Menjadi harapan, kegiatan ini diikuti dengan baik dan dimaksimalkan sebagai sarana untuk melaksanakan pembahasan dan validasi akhir konsep data desa desa di kecamatan pinogaluman, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan sinergitas, menyamakan visi, misi dan persepsi dalam rangka percepatan pembaguann di kecamatan Lokpri Kabupaten Bolmut,” ujarnya.

Sementara itu asisten III, Uten Datunsolang menambahkan Bolmut merupakan wilayah perbatasan.

“Dalam konteks pembangunan ekonomi daerah, Bolmut merupakan garda terdepan dalam menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi antara Sulut dan Gorontalo serta cermin bukti harga diri pembangunan di provinsi Sulut,” tuturnya.

Fakta menarik dan bermanfaat