Kenali 12 pulau kecil terluar di Sulawesi Utara salah satunya di Bolmut

  • Share
Pulau Bongkil bisa anda kunjungi untuk liburan akhir tahun. (Foto kiriman Dahlan Lajulu)

TORANGPEBERITA.COM- Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo mengatur penetapan 111 pulau-pulau kecil terluar di Indonesia.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan”, bunyi pasal 4 Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 yang ditetapkan pada 2 Maret 2017.

Adapun Pulau Kecil Terluar yang ada di Sulut menjadi 12 pulau, dari sebelumnya 11 pulau. Daftar lengkapnya adalah:

1. Pulau Bongkil (Pulau Bangkit)

Pulau Bongkil atau Pulau Bangkit adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Bongkil ini merupakan bagian dari wilayah kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Gorontalo dengan koordinat 1° 2′52″ LU, 123°6′ 45″ BT.

2. Pulau Mantehage (Pulau Manterawu)

Pulau Manterawu adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Manterawu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Bunaken dan Kota Manado dengan koordinat 1° 45′ 47″ LU, 124° 43′ 51″ BT.

3. Pulau Makalehi

Pulau Makalehi adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Makalehi ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Pulau ini berada di sebelah barat daya dari Pulau Sangihe dengan koordinat °44′15″LU,125°9′28″BT

4. Pulau Kawaluso

Pulau Kawaluso adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Kawaluso ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4°14′6″ LU, 125° 18′59″ BT.

Baca Pula:  20 Tahun Terakhir Bolmut Kehilangan 18,4 Ribu Hektar Tutupan Pohon

5. Pulau Kawio

Pulau Kawio adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Mindanao dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Kawio ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 40′16″ LU, 125° 25′41″ BT.

6. Pulau Marore

Pulau Marore adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marore ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 44′14″ LU, 125° 28′42″ BT.

7. Pulau Batuwaikang

Pulau Batu Bawaikang adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Batu Bawaikang ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Sangihe dengan koordinat 4° 44′46″ LU, 125° 29′24″ BT.

Pulau Batubawaikan merupakan salah satu pulau paling ujung di sebelah utara Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Fillipina. Terletak di sebelah utara Pulau Sangihe dan di sebelah timur laut Pulau Marore. Pulau yang berbentuk bongkahan batu menjulang dan ditumbuhi oleh vegetasi ini termasuk dalam gugusan Kepulauan Kawio.

8. Pulau Miangas

Miangas adalah pulau terluar Indonesia yang terletak dekat perbatasan antara Indonesia dengan Filipina. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Miangas adalah salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa.

Baca Pula:  DPC SBSI Bolmut Warning Perusahan Soal Pembayaran THR Tepat Waktu

Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia sehingga rawan masalah perbatasan, terorisme serta penyelundupan. Pulau ini memiliki luas sekitar 3,15 km². Jarak Pulau Miangas dengan Kecamatan Nanusa adalah sekitar 145 mil, sedangkan jarak ke Filipina hanya 48 mil.

9. Pulau Marampit

Pulau Marampit adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marampit ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Talaud dengan koordinat 4° 46′18″ LU, 127° 8′ 32″ BT.

10. Pulau Intata

Pulau Intata adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Intata ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Kakarutan dengan koordinat 4°38′38″ LU, 127°9′49″ BT.

11. Pulau Kakorotan

Pulau Kakorotan adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Kakorotan ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari Pulau Talaud dengan koordinat 4°37′36″ LU, 127°9′53″ BT.

12. Pulau Kabaruan

Pulau Kabaruan berada di perairan laut Maluku. Berdasarkan data BPS Kb.Talaud, pada sensus penduduk tahun 2016, jumlah penduduk Pulau Kabaruan sebanyak 5.809 untuk kecamatan Kabaruan, dan 4.268 jiwa di kecamatan Damau. Titik kordinat terluarnya terletak pada 03°45’13″LS dan 126° °51’06″BT.

Sumber : Infoterkini24.com

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *