Kenakan baju adat Sulsel, Depri-Amin hadiri pelantikan BPD KKSS Kabupaten Bolmut

Bupati Bolmut Depri Pontoh dan wakil Bupati Amin Lasena saat menghadiri pelantikan BPD KKSS Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma/Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh bersama wakil bupati Amin Lasena menghadiri pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Bolmut periode 2021-2026, Sabtu 30 Oktober 2021. Kegiatan sendiri dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijiria yang bertempat di Kawasan Pantai Batu Pinagut.

Menariknya Bupati dan wakil Bupati mengenakan baju adat Sulsel Baju tutu. dengan songkok recca. Bupati memakai sarung buatan Bulukumba dengan corak perahu phinisi. sebagaimana ciri dari bulukumba sebagai pembuat perahu phinisi. Sementara wabup dengan sarung sa’be cura’ lakba’.

Bupati dan Wabup sendiri disambut dengan Aru. Salah satu kebudayaan di Sulsel dimana Aru sendiri adalah berupa Ikrar.

Baca Pula:  Pentingnya pengetahuan keselamatan kerja bagi petani dan pelaku usaha gula aren di Bolmut
pertunjukan ARU saat menyambut Bupati Bolmut Depri Pontoh dan wakil Bupati Amin Lasena. (Foto Rahmat Tegila/Prokopim Pemkab Bolmut)

Bupati Bolmut menyampaikan atas nama pemerintah daerah dan pribadi, mengucapka selamat kepada seluruh pengurus daerah KKSS kabupaten Bolmut yang baru saja dilantik.

“Laksanakan amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, kuatkan komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik dalam menjalankan tugas terhadap peran organisasi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan daerah yang sama sama kita cintai,” ujarnya.

Lebih lanjut KKSS harus membangun sinergitas dan berkolaboratif dengan ormas dan OKP lainnya yang ada di kabupaten Bolmut.

“Jangan mengedepankan ego sektoral, karena untuk membangun negeri dan masyarakat ini harus dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi bukan pembagunan sektoral,” harap Depri.

Baca Pula:  Bupati tunjuk tiga penjabat sangadi di Bolmut, Rinto Puasa jabat sangadi Sonuo

Sebagai organisasi tempat berhimpunnya orang Sulawesi Selatan, KKSS harus ikut menjadi garda terdepan dalam menyongsong pembangunan di daerah.

“Karena KKSS secara organisatoris dapat mengembangkan diri melalui pemikiran dan konsepsi strategisnya dengan mengedepankan kultur akademik dan kearifan lokal masyarakat yang dipaduserasikan dengan kultural dan integritas masyarakat Sulawesi Selatan dalam satu bingkai progresivitas intelektual,” ujarnya.

Melalui momentum pelantikan ini, pihaknya berharap semoga KKSS kabupaten Bolmut semakin memperkokoh rasa persaudaraan serta mampu merangkul dan beradaptasi dengan masyarakat dan kelompok kelompok masyarakat dari berbagai kalangan yang ada di daerah ini.

“Sehingga memiliki kemampuan untuk menyatukan diri, berjalan seiring langkah, tegak sama tinggi, duduk sama rendah, guna mempercepat keberhasilan pembangunan dan visi kabupaten Bolmut yang berkelanjutan mandiri berbudaya dan berdaya saing,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat