Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

Ilustrasi/pexels

TORANGPEBERITA.COM- Nabi Muhammad SAW mencontohkan beragam hal yang baik bagi umat muslim untuk diikuti termasuk kebiasaan sehat Nabi Muhammad juga termasuk pola hidup aktif.

Mengutip The Daily Crisp, berikut 9 kebiasaan sehat Nabi Muhammad yang terbukti bagus secara ilmiah dan bisa kamu ikuti:

1. Bangun pagi


Nabi Muhammad selalu tidur cepat dan bangun pagi ketika azan subuh berkumandang. Kebiasaan bangun pagi ini telah dibuktikan secara ilmiah berkaitan dengan produktivitas yang lebih baik, begitupun dengan kesehatan mental secara umum.

Kebiasaan bangun pagi ini mungkin dirasa sulit untuk banyak orang. Kamu bisa memulainya pelan-pelan dengan bangun 15 menit lebih awal setiap kali mencobanya.

2. Makan lebih sedikit

Praktik makan lebih sedikit untuk mencegah penyakit ditekankan oleh Nabi Muhammad, dan belakangan ilmu pengetahuan membuktikan kebenarannya. Dalam Islam, konsep “1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 untuk nafas” ketika menikmati makanan dianggap serupa konsep hara hachi bu dari Jepang yaitu makan hanya sampai 80 persen kenyang.

3. Makan pelan-pelan

Urusan makan, kebiasaan sehat Nabi Muhammad lainnya adalah makan perlahan (slow eating). Seperti diketahui, tubuh kita membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang ke otak.

Praktik makan perlahan secara ilmiah membuat kamu makan lebih sedikit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Nabi Muhammad menyarankan agar mengunyah makanan sampai 33 kali sebelum menelannya.

4. Makan bersama-sama

Nabi Muhammad begitu menganjurkan makan bersama-sama karena ada keberkahan di baliknya. Menikmati makanan bersama orang lain juga terbukti mengurangi stress, meningkatkan kualitas hubungan pasangan dan keluarga, serta membangun kebiasaan makan sehat di antara anak-anak.

Dalam sebuah hadis juga dijelaskan keberkahan dari makan bersama-sama. “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda, “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.” (H.R. Abu Daud)

5. Minum air pelan-pelan


Minum air putih memang terbukti baik untuk kesehatan karena membuat semua organ tubuh berfungsi maksimal. Dalam mengonsumsi air putih, Nabi Muhammad memiliki cara tersendiri.

Beliau tidak menyarankan minum habis air putih dalam satu napas, tetapi dalam dua sampai tiga kali napas. Dengan kata lain, minum air putih pelan-pelan. Ilmu pengetahuan membenarkan anjuran ini karena minum banyak air putih dalam waktu singkat dikaitkan dengan berbagai efek. Misalnya sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah, dan terkadang rasa pusing. Sebaliknya, minum air pelan-pelan membantu cairan terserap maksimal dan kamu merasakan manfaat yang maksimal pula.

6. Makan buah delima

Delima disebut-sebut sebagai buah dari surga dan tercantum dari salah satu surah di Alquran. Delima juga menjadi buah favorit Nabi Muhammad. Penelitian ilmiah modern mengungkap manfaat konsumsi delima yang disebut sebagai salah satu makanan tersehat di dunia.

Delima mengandung mangan yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mempertahankan fungsi sel. Delima juga mengandung flavonoid dan polifenol, antioksidan ampuh yang bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung.

7. Puasa


Puasa bukan hanya bagian dari rukun Islam, melainkan praktik yang bagus untuk kesehatan. Nabi Muhammad menjalani puasa bukan hanya saat bulan Ramadan. Beliau rajin puasa setiap hari Senin dan Kamis, juga ketika tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya.

Praktik puasa ini disebut-sebut mirip dengan konsep diet intermittent fasting yang kini tengah populer. Secara ilmiah, puasa terbukti membantu menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stress oksidatif, dan mengurangi inflamasi secara keseluruhan. Manfaat lainnya adalah ketika asupan makanan lebih sedikit, maka tubuh akan mengurangi fokusnya pada sistem pencernaan dan tubuh bisa lebih fokus menyembuhkan ‘diri sendiri’ dari berbagai penyakit yang ada.

8. Makan kurma


Selain delima, kurma adalah makanan sehat yang begitu dianjurkan konsumsinya oleh Nabi Muhammad. Rasa manis kurma bukan hanya enak, melainkan juga berfungsi menjaga kestabilan gula darah sehingga baik dikonsumsi usai berpuasa. Kurma juga bisa bantu menyiapkan sistem pencernaan untuk siap mencerna makanan nantinya.

Nabi Muhammad merekomendasikan wanita hamil untuk makan kurma. Bukan tanpa alasan, penelitian modern membuktikan makan kurma bisa meningkatkan produksi oksitosin dan melancarkan proses persalinan.

9. Hidup aktif

Kebiasaan sehat Nabi Muhammad juga mencakup gaya hidup aktif. Islam begitu menganjurkan hal ini, tercermin dari kewajiban utama seorang Muslim yaitu salat. Gerakan-gerakan salat layaknya bentuk olahraga yang membuat otot dan persendian bergerak aktif.

Bukti lain Nabi Muhammad sangat menganjurkan gaya hidup aktif adalah anjuran bagi orang tua agar mengajarkan anak-anaknya berenang, berkuda, dan panah.

(Sumber Detik.com)

Fakta menarik dan bermanfaat