Gandeng LBH Pers, AJI Manado gelar pelatihan paralegal di Kotamobagu

Kegiatan pelatihan. (Dok AJI Manado)

TORANGPEBERITA.COM-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Manado menggelar pelatihan paralegal yang dikhususkan bagi para jurnalis yang bertugas di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), Provinsi Sulawesi Utara.

Pelatihan yang digelar di pondok belajar “SELUSUR”, Kelurahan Mongkonai, Kota Kotamobagu, Sabtu, 16 Oktober 2021 itu dibuka langsung Ketua AJI Manado, Fransiskus Talokon.

Pada kesempatan tersebut, Fransiskus mengatakan pelatihan paralegal ini merupakan program kerja AJI Manado tahun 2021. Menurutnya, di era sekarang ini, upaya kriminalisasi terhadap jurnalis semakin marak. Tidak sedikit jurnalis yang dipidana terkait dengan produk jurnalistik itu sendiri.

“Tren ini dinilai sangat rentan digunakan untuk membungkam kebebasan pers. Sehingga penting bagi jurnalis untuk mengasah kembali pemahaman soal aspek hukum, khususnya yang berkaitan dengan kerja-kerja jurnalistik,” kata Fransiskus.

Selain itu, pelatihan paralegal ini juga bertujuan untuk membekali para jurnalis dalam memberikan tindakan pendampingan hukum bagi sesama pekerja pers yang menjadi korban kekerasan dan dipidana karena berita.

Sementara itu, Direktur LBH Pers Manado, Ferley Kaparang menjelaskan, peran paralegal sangat penting untuk
menjangkau akses terhadap keadilan tak hanya bagi jurnalis tetapi juga masyarakat miskin.

Sehingga itu, untuk menjamin pemberian bantuan hukum kepada masyarakat dan sebagainya yang berhadapan dengan hukum maka paralegal memiliki peran strategis untuk membantu dan menangani perkara non litigasi atau di luar pengadilan.

“Paralegal telah memperoleh legitimasi hukum sehingga eksistensinya harus diakui oleh aparat penegak hukum dan institusi terkait lainnya,” jelas Kaparang.

“Praktik di lapangan membuktikan bahwa kerja-kerja non litigasi memerlukan peranan paralegal dalam dalam menyelesaikan suatu kasus hukum, terutama kasus-kasus hukum struktural,” tandasnya.

Terinformasi, pelatihan paralegal oleh AJI Manado dan LBH Pers Manado ini akan digelar selama tiga kali pertemuan. Masing-masing, pertemuan pertama secara tetap muka, dan pertemuan kedua dan ketiga akan digelar secara virtual.(*)

Fakta menarik dan bermanfaat