Menteri sosial ingatkan warga Bolmong jangan merusak lingkungan

Mensos Tri Rismaharini saat meninjau langsung kondisi pasca banjir bandang di Desa Batu Merah, Kamis, 30 September 2021. (foto: pantau24.com/marshal)

TORANGPEBERITA.COM- Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi bencana alam banjir, tanah longsor, dan banjir bandang yang menghantam sejumlah desa di Kecamatan Lolak dan Kecamatan Sang Tombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis 30 September 2021.

Mensos dan rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 18.30 WITA setelah menempuh perjalanan darat sekitar empat jam dari kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo. Tiba di lokasi Mensos langsung menuju titik-titik terdampak bencana.

Mensos melintasi sisa jalur banjir yang masih becek dan melihat rumah yang rusak parah persis di bawah lereng bukit. Titik pengamatan bergeser ke pinggir sungai untuk melihat kerusakan jembatan.

Selama melakukan pengamatan, Mensos dan rombongan menyaksikan adanya potongan kayu dan pohon yang sebagian masih tersangkut di mulut jembatan. Mensos mendapatkan laporan sisa pepohonan tersebut merupakan dampak penebangan pohon yang kurang terkendali dari atas bukit.

Dalam pernyataannya kepada media, Mensos menyampaikan himbauan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Tindakan merusak lingkungan hanya akan mengakibatkan bencana bagi masyarakat.

“Ya ini harus kita lakukan bersama-sama. Menjaga lingkungan merupakan tugas bersama, baik pemerintah maupun masyarakat,” kata Mensos. 

Untuk perbaikan kerusakan rumah warga, Kemensos mengalokasikan anggaran. Namun Mensos masih akan menunggu data  dari pemerintah daerah. Mensos juga menyapa anak-anak di tenda Layanan Dukungan Psikososial (LDP). Ia meminta anak-anak tetap semangat dan tidak lupa belajar.

“Tetap semangat ya. Jangan lupa belajar supaya menjadi anak pinter,” kata Mensos sambil membagikan paket makanan anak. Mensos juga menyapa sebagian warga yang ditemui dan meminta mereka bersabar atas bencana yang terjadi.

“Tetap sabar ya. Dan terus berdoa semoga kondisi segera pulih seperti sedia kala,” katanya.

Fakta menarik dan bermanfaat