Raih Anugerah Parahita Ekapraya, dukung terus kesetaraan gender di Bolmut

  • Share
Bupati Bolmut Depri Pontoh bersama dinas dinas PPKBPPA. (Foto Rahmat Tegila Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategoi pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Bupati Bolmut menyampaikan perempuan memiliki potensi yang luar biasa, tidak bisa dipandang sebelah mata, tidak bisa ditempatkan hanya sebagai warga kelas dua, melainkan sejajar sebagai mitra laki laki dalam konteks apapun.

Dirinya menyapaikan tiga dari delapan tujuan millennium development goal’s (MDG’S) yang ditetapkan oleh perserikatan bangsa bangsa (PBB), menetapkan perempuan sebagai subjek sekaligus objek pembagunan, yaitu melalui pencapaian wajib belajar, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, serta peningkatan kualitas kesehatan ibu melahirkan.

Baca Pula:  Kereta Api di Sulawesi Mulai Beroperasi,  Simak Rencana Jalur Kereta Api Yang Melalui Bolmut

Dirinya mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian terhadap perempuan. “Dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan,” ungkap Depri Pontoh.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kaum lelaki. “Prinsip kesetaraan yang mendasar tetang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki telah mendorong keduanya sebagai mitra dalam setiap aspek kehidupan,” katanya.

Baca Pula:  Gempa Bumi Mengintai Bolmut, Sabtu Kemarin Berkekuatan M 4,4

Sementara itu Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kabupaten Bolmut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut menyebutkan pada tahun 2020 IPG Bolmut ada diangka 86,77 tahun 2019 IPG Bolmut 86,92 dan pada tahun 2018 diangka 96,80 persen.

Sebelumnya kepala dinas PPKBPPA Bolmut Yani Lasama mengatakan Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

“Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” ujarnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *