BMKG keluarkan peringatan dini untuk Bolmut

  • Share
Banjir di desa Ollot satu Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Beberapa waktu lalu. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara (Sulut) mengeluarkan prakiraan cuaca dan peringatan dini daerah yang berada di Sulut. Salah satunya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Berdasarkan data BMKG Kabupaten Bolmut masuk dalam wilayah berpotensi hujan sedang dan lebat pada Selasa 28 September 2021, Kamis 30 September 2021, Jumat 1 Oktober 2021, Selasa 2 Oktober 2021.

Sebelumnya BMKG menyampaikan saat ini sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki awal musim hujan, kondisi tersebut sebagai pertanda masa peralihan, transisi dan pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian II September 2021, sebanyak 6,14 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarau.

Baca Pula:  229 Bolangitang, Komunitas Legeru Reborn Bawakan Lagu Bulangita Lipuhuta

Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian besar Sumatera Barat, sebagian Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan bagian selatan, dan Kalimantan Timur bagian selatan, Kalimantan tengah bagian timur, Sebagian Maluku.

Hasil analisis BMKG menunjukkan pada dasarian III September 2021 wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (> 150 mm/dasarian) meliputi sebagian Bengkulu, sebagian Kalimantan Utara, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan bagian utara, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan sebagian Papua.

Baca Pula:  Dinas PPKBPPPA Perkenalkan TAKTIK CERIA Pada Pelajar SMA Negeri 1 Bolangitang

Peringatan dini curah hujan tinggi
Mengacu pada hal tersebut diatas dan prediksi peluang hujan tinggi > 70 persen , maka perlu kewaspadaan terhadap dampak potensi curah hujan tinggi dan potensi cuaca ekstrim.

Berdasarkan analisis inaRISK, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki 6 kecamatan yang berpotensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi. Kecamatan Sangkub termasuk dari wilayah kecamatan dengan potensi tersebut. 

Masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun angin kencang. BMKG telah merilis potensi cuaca ekstrem, khususnya wilayah-wilayah yang mengalami peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *