Sulut masuk wilayah hujan kategori tinggi, Bolmut perlu waspada

Banjir yang melanda Bolmong beberapa waktu lalu. (Foto Moh Firmansyah Goma/Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- BMKG menyampaikan saat ini sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki awal musim hujan, kondisi tersebut sebagai pertanda masa peralihan, transisi dan pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian II September 2021, sebanyak 6,14 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarau.

Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian besar Sumatera Barat, sebagian Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan bagian selatan, dan Kalimantan Timur bagian selatan, Kalimantan tengah bagian timur, Sebagian Maluku.

Baca Pula:  Sekolah tatap muka terbatas di Bolmut bakal ditiadakan

Hasil analisis BMKG menunjukkan pada dasarian III September 2021 wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (> 150 mm/dasarian) meliputi sebagian Bengkulu, sebagian Kalimantan Utara, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan bagian utara, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan sebagian Papua.

Peringatan dini curah hujan tinggi
Mengacu pada hal tersebut diatas dan prediksi peluang hujan tinggi > 70 persen , maka perlu kewaspadaan terhadap dampak potensi curah hujan tinggi dan potensi cuaca ekstrim.

Fakta menarik dan bermanfaat