Memimpin di tengah pandemi : keseimbangan dan harmonis

Bupati Depri Pontoh dan wakil Bupati Amin Lasena. (Foto Moh Firmansyah Goma/Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Tepat hari ini. Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh bersama wakil Bupati Bolmut Amin Lasena genap tiga tahun memimpin Bolmut sejak tahun 2018.

Saat ditemui di ruang kerjanya Senin 20 September 2021 sekitar pukul 10.30 Wita, Bupati Bolmut Depri Pontoh berbagi cerita bagaimana dirinya bersama wakil bupati memimpin Bolmut selama tiga tahun ini. Terlebih sejak tahun 2020 pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Bolmut.

Saat itu, bupati yang baru menyelesaikan agenda pemerintah daerah peletakan batu pertama pembangunan islamic center tampak tersenyum sebelum diwawancari.

Bupati mengatakan tiga tahun ini dimasa kepemimpinannya bersama wakil Bupati tentu fokus melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

“Dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Bolmut,” ujarnya.

Ia mengatakan dirinya bersama wakil bupati memimpin daerah tetap kompak dan menjaga keharmonisan.

Pelaksanaan pembangunan tentu sesuai janji dan visi misi yang tertuang dalam RPJMD. Ia menegaskan selalu meminta jajarannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat jangan menunggu ditempat.

“Beri pelayanan juga harus turun lapangan jemput bola. Hal ini demi suksesnya pelayanan kepada warga Bolmut,” jelasnya.

Sementara itu dalam tiga tahun terakhir berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bolmut dari tahun 2018 ada diangka 66,32 poin tahun 2019 diangka 66,91 dan tahun  2020 mencapai 66,99 poin.

Menurut Bupati pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut beberapa tahun terakhir terus memfokuskan program-program yang berkaitan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berbagai upaya terus dilakukan. Termasuk menaruh perhatian besar kepada dua sektor penting yakni Pendidikan dan Kesehatan.

“Sektor pendidikan dan kesehatan terus kita perhatikan. Karena kedua sektor ini menentukan besarnya IPM,” kata Bupati Depri Pontoh.

Menurutnya, setiap tahunnya pemerintah daerah selalu memenuhi syarat 20 persen untuk pendidikan dan 10 persen untuk kesehatan.

Baca Pula:  Di bawah satu komando, memimpin vaksinasi di Bolmut

“Dalam penganggaranya pun pemerintah daerah terus memperhatikan kedua sektor ini. Karena dari IPM ini, kita juga bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan yang ada di daerah,” ungkapnya.

Lanjut Bupati dua periode ini, kedepan pihaknya masih akan terus menjalankan berbagai program yang menyentuh langsung masyarakat.

“Intinya pemerintah akan berupaya memberikan yang terbaik buat daerah dan masyarakat Bolmut. Kita akan memprioritaskan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Untuk itu kami berharap masyarakat bisa terus mendukung pemerintah untuk memajukan daerah ini,” jelasnya.

Walaupun demikian Bupati menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan pada etape pembangunan.

“Namun saya mempunyai tekad yang kuat untuk berbenah, guna perbaikan teknis perencanaan pembangunan di masa akan datang,” ujar Bupati beberapa waktu lalu.

Dan ia juga menyadari tentunya tidak semua usulan kebutuhan itu dapat kita akomodir.

“Namun kita juga harus memahami kemampuan keuangan kita masih sangatlah terbatas, sehingga dibutuhkan kematangan dalam menentukan porsi pelaksanaan belanja secara umum,” kata Pontoh.

Disisi lain angka kemiskinan dan gini ratio yang relatif masih tinggi merupakan salah satu dari lima isu strategis pembangunan tahun 2022 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Hal ini disampaikan oleh Bapelitbang Bolmut dalam kegiatan konsultasi publik penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 dan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bolmut tahun 2018-2023.

Sementara itu jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bolmut dalam tiga tahun terakhir sebagai berikut tahun 2018 pada angka 6.840 tahun 2019 diangka 6.770 dan tahun 2020 diangka 6.820. Disisi lain jumlah penduduk di Bolmut pada tahun 2019 adalah 80.313 orang dan di tahun 2020 mencapai 83.112 orang dengan demikian penduduk di Bolmut bertambah 2.799 orang.

Data BPS lainnya menyebutkan persentase penduduk miskin di Bolmut pada tahun 2019 diangka 8,45 persen dan pada tahun 2020 diangka 8,41 persen turun 0,04 persen.

Baca Pula:  Bolmut raih penghargaan terbaik pertama penanganan stunting di Sulut

Terkait hal itu, dalam rangka peningkatan kinerja program maka perlu adanya komitmen yang kuat dari berbagai stackholder. Yang terpenting adalah adanya singkronisasi dan sinergitasi antar/inter program pembangunan yang diharapkan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan ditahun 2022.

Bagaimana memimpin di tengah pandemi ?

Mendengar pertanyaan ini, Bupati mengatakan pentinganya menjaga keseimbangan. Artinya walaupun pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia termasuk Bolmut kita tetap melaksanakan pembangunan, pelayanan dan tentu juga menghadapi pandemi ini.

Menurutnya walaupun memang dari segi anggaran ada refocusing. Dirinya tetap mengatur membagi bagaimana kepentingan daerah berupa pembangunan, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan normal dan bisa dirasakan masyarakat.

Sementara itu data Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut menunjukan angka pertumbuhan ekonomi Bolmut tahun 2018 berada di 6,18 persen, tahun 2019 berada di 6,17 persen. Dan tahun 2020 ada diangka 0,71 persen  (angka sangat sementara).

Bupati sebelumnya mengatakan dimana pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian nasional bahkan global yang juga berimplekasi pada perekonomian daerah menjdi pertumbuhan ekonomian daerah ini hanya mencapai  0,71 persen pada tahun 2020, dimana angka ini menurun tajam jika dibandikan dengan tahun 2019 yaitu 6,17 persen. Namun lebih baik dari pertumbuhan ekonomi regional nasional yang mengalami kontrasi sampai dengan minus 2,19 persen.

Disisi lain Bupati Bolmut Depri Pontoh beberapakali menarik rem terkait kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Hal ini mencegah penularan Covid-19. Selain itu bahkan Bupati sering turun langsung dalam mensosialisasikan protokol kesehatan.

Fakta menarik dan bermanfaat