58 peserta ikut pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah di Bolmut

Pembukaan pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sebanyak 58 peserta calon kepala sekolah dasar dan menengah pertama mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala Sekolah se  Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bertempat di gedung wanita kawasan pantai batu Pinagut, Selasa 14 September 2021.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh. Dirinya mengatakan pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Oleh karena itu pembangunan pendidikan baik secara nasional maupun regional harus mampu menjamin pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan guna menghadapi tantangan sesuai dengan perubahan kehidupan global,” ungkapnya.

Baca Pula:  Berikut link live ujian SKD CPASN Bolmut

Lanjutnya, tantangan terbesar bagi kepala sekolah sebagai seorang “manager” di sekolah adalah masalah mutu pendidikan. Harus disadari bersama peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya penting dalam membangun dan menjamin masa depan anak dan masa depan bangsa.

Memperkuat pelaku pendidikan, khususnya kepala sekolah merupakan sesuatu yang tidak dapat ditunda-tunda. Sebab, masih banyaknya kepala sekolah yang menduduki jabatannya tanpa melalui pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.

Sebagaimana diatur dalam peraturan mentri pendidikan nasional nomor 28 tahun 2010. Kemudian dipertegas kembali melalui peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, dimana kepala sekolah wajib mengikuti diklat penguatan kepala sekolah dengan memperoleh sertifikat tanda tamat pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.

Baca Pula:  Arah angin bertiup sangat bervariasi warga Sulut termasuk Bolmut harus waspada

Diharapkannya melalui kegiatan ini akan mewujudkan kepala sekolah yang handal, profesional, memiliki kompetensi dan berkualitas sesuai dengan standar kepala sekolah.

Sementara itu Kepala Lembaga Penjamin Mutu  Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulut Febry H.J. Dien mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemkab Bolmut.

Menurutnya Bolmut telah mengambil langkah yang tepat dengan dilaksanakannya pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah pada tahun ini.

Fakta menarik dan bermanfaat