Pembangunan desa berbasis teknologi informasi di Bolmut

Bupati Bolmut Depri Pontoh. (Dok Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh membuka seminar informasi teknologi dengan tema ‘Bolaang Mongondow Utara Menuju Kabupaten Digital Tahun 2024’ yang bertempat di gedung wanita pantai wisata Batu Pinagut Kecamatan Kaidipang, Kamis 9 September 2021.

Bupati menyampaikan perkembangan teknologi telah berpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik bidang ekonomi, politik, seni, kebudayaan dan dunia pendidikan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan banyak kemudahan serta berbagi cara dalam aktivitas manusia.

Konsep pembagunan pedesaan mengalami perubahan sejak digitalisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Dimana perkembagan teknologi informasi semakin pesat dalam usaha mengaktifkan layanan kepada masyarakat harus dilakukan sampai pada tingkat desa,” ungkapnya.

Baca Pula:  Arah angin bertiup sangat bervariasi warga Sulut termasuk Bolmut harus waspada

Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi selain dapat meningkatkan pelayanan juga bermanfaat dalam proses pengolahan data yang digunakan untuk perencanaan pembangunan, mendukung pengambilan keputusan dan banyak manfaat lainnya.

Lebih lanjut kemampuan desa untuk megelola penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan, pembina kemasyarkatan dan pemberdayaan masyarakat harus didukung oleh semua unsur dan sumber daya desa menunjung perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Desa yang dapat menjalankan pengelolaan pembangunan secara mandiri bukan hanya mampu menggerakan seluruh aset sumber daya yang dimiliki desa.

Disampikan desa juga akan mampu memperbaiki kebutuhan dasar warga, kebutuhan penghidupan, memperjuangkan hak warga dan menata kehidupan secara berkelanjutan.

Baca Pula:  Pembangunan Islamic center di Bolmut dimulai

Untuk itu, pemerintah daerah saat ini sudah mulai berupaya memaksimalkan teknologi informasi dalam pembangunan desa, baik dalam pembangunan infrastruktur, pembangunan sektor pariwisata desa yang saat ini mulai berkembang dengan baik dalam segi pemanfaatan sumber daya sampai dengan pendapatan desa.

Sehingga, secara tidak langsung jika masyarakat desa mampu mengikuti teknologi informasi, masyarakat dapat menambah pendapatan mereka, seperti contoh, para petani tidak harus menjual hasilnya ke pasar akan tetapi bisa langsung menjual hasilnya taninya di sebuah aplikasi yang disediakan.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan oleh LSM Penjara dan GM-351.

Fakta menarik dan bermanfaat