Jadwal tahapan pelaksanaan seleksi guru PPPK tahun 2021

Ujian SKB CPNS Bolmut Beberapa waktu lalu. (Foto Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Berdasarkan pengumuman dari Kemendikbud nantinya pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi PPPK guru 1 dimulai pada Kamis 9 September 2021.

Selanjutnya cetak kartu peserta seleksi PPPK guru dilakukan pada 9-12 September 2021. Pelaksanaan seleksi kompetensi 1 dilakukan pada tanggal 13-17 September.

Sumber Kemendikbud

Sementara itu Seleksi kompetensi PPPK Guru akan menggunakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)-UNBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, bukan CAT BKN. Sementara itu untuk materi seleksi Kompetensi PPPK terdiri dari Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara.

Baca Pula:  Jokowi : Jangan gadaikan kewibawaan Polri, dengan sowan kepada ormas berbuat keributan
Sumber Kemendikbud

Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi terkait dengan integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, dan pengambilan keputusan.

Baca Pula:  Semeru erupsi, tiga gunung ini status siaga, dua gunung di Sulut waspada

Kompetensi Sosial Kultural dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku terkait dengan kepekaan terhadap perbedaan budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, dan empati. Selanjutnya, Wawancara ditujukan untuk menilai integritas dan integritas dan moralitas.

Fakta menarik dan bermanfaat