Pelaminan induk itik inovasi di tengah pandemi milik Santoro

Launching penerapan Pelayanan Adiministrasi Kependudukan Berbasis IT (Pelaminan Induk Itik). (Foto prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bolmut Amin Lasena secara resmi melaunching penerapan Pelayanan Adiministrasi Kependudukan Berbasis IT (Pelaminan Induk Itik) di Kabupaten Bolmut yang bertempat di aula kantor camat Kaidipang, Kamis 2 September 2021.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari penyelesaian akhir dari implementasi proyek perubahan diklat kepemimpinan tingkat II  angkatan lX tahun 2021 lembaga adimistrasi negara makassar, yang diikuti oleh Santoro, S.Pd Staf ahli bupati bidang pembangunan Kemasyarakatan dan sumber daya Manusia,” ujar wakil Bupati Bolmut Amin Lasena.

Tujuan perubahan kebijakan adiministrasi kependudukan ini adalah untuk meningkatkan efektifitas pelayanan adimstrasi kependudukan kepada masyarakat.

Baca Pula:  Lantik 72 sangadi di Bolmut, Bupati ingatkan rajin turun lapangan

Dijelaskan meningkatkan akurasi data kependudukan serta peningkatan efektifitas pelayanan administrasi, dimana masyarakat diberikan kemudahan diantaranya mendapatkan pelayanan gratis atau tidak dipungut biaya, percetakan KTP elektronik yang tidak perlu menunggu dicetak di pusat melainkan telah diserahkan kepada kepala dinas kependudukan dan catatan sipil di daerah serta pelayan keliling oleh petugas yang akan mendatangi penduduk.

Lebih lanjut dengan adanya inovasi ini, maka akan mengurangi kegiatan mobilitas masyarakat dan kerumunan di kantor kependudukan dan pencatatan sipil yang hampir setiap hari didapati oleh masyarakat dalam pengurusan adimstarasi kependudukan. Dan manfaat lainnya juga mengurangi beban biaya pengeluaran masyarakat terutama biaya transportasi.

Baca Pula:  Rachmat Pontoh jabat Plh sekda Bolmut

Diharapkannya, program inovasi ini dapat berjalan dengan baik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam upaya memberikan jaminan dan pengakuan status hukum melalui kepemilikan dokumen kependudukan yang sah. Sejalan dengan tiga program strategis nasional dibidang kependudukan dan catatan sipil yaitu tertib data base, tertib nomor Induk kependudukan dan tertib dokumen kependudukan.

Fakta menarik dan bermanfaat