/

Seluruh Kecamatan di Bolmut zona orange, belajar tatap muka di kelas berpeluang digelar

Sekolah tatap muka di SDN 1 Kayuogu, Kecamatan Pinogaluman beberapa waktu lalu. (Foto kiriman Muhrin Neu)

TORANGPEBERITA.COM- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengumumkan tak ada lagi Kecamatan zona merah di Bolmut, Minggu 15 Agustus 2021.

Berdasarkan pengumuman semua Kecamatan berstatus zona orange resiko sedang penularan Covid-19. Setelah sebelumnya semua Kecamatan di Bolmut berstatus zona merah.

Saat ini total pasien positif Covid-19 di Bolmut mencapai 575 dengan rincian 432 yang sembuh, 133 dirawat isolasi dan 10 meninggal.

Kepala seksi surveilens dan imunisasi dinas kesehatan Bolmut Fitria Stion mengatakan penurunan status dari zona merah ke zona orange selain karena banyaknya kasus sembuh juga disebabkan karena pertambahan kasus Minggu ini berkurang.

“Kasus yang dirawat inap di rumah sakit juga berkurang dan tidak ada kematian Minggu ini,” jelasnya.

Baca Pula:  Wabup Bolmut kembali kunjungi BPJN Sulut, bahas usulan program

Sebelumnya Kepala dinas kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta meminta kepada masyarakat Bolmut untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi saat ini telah ditemukan kasus Covid-19 varian delta di Sulawesi Utara (Sulut).

Dengan adanya temuan varian Delta pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar benar-benar lebih ketat untuk mentaati protokol kesehatan 6M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak lebih dari 2 meter, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

Sebelumnya sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 32 tahun 2021, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) masuk pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Pada PPKM level 3 belajar mengajar di sekolah bisa dilaksankan. Walau demikian di Kabupaten Bolmut sendiri sesuai surat edaran Bupati tanggal 24 Juli 2021 pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah masih dilaksanakan secara daring. Surat edaran tersebut sampai pada tanggal 31 Agustus 2021.

Baca Pula:  Sekolah tatap muka terbatas di Bolmut bakal ditiadakan

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Bolmut Sulha Mokodompis mengatakan pihaknya masih menunggu bagaimana  perkembangan Covid-19.

“Jika terus menurun akan segera dikonsultasikan dengan pimpinan, memang saat ini sudah masuk pada PPKM level 3 tapi baru beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Tetapi ini menjadi perhatian dinas pendidikan karena Belajar Dari Rumah (BDR) tidak efektif dengan keadaan siswa di Bolmut. Semoga secepatnya akan kembali pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Fakta menarik dan bermanfaat