Waspada ancaman Diabetes di usia muda

Ilustrasi/pexels

TORANGPEBERITA.COM- Diabetes umumnya dikenal sebagai penyakit orang tua, kasus diabetes kini semakin banyak ditemukan pada usia muda. Dan ternyata, kasus diabetes usia muda bahkan lebih ‘mengancam’ di Asia.

Sebuah review menunjukkan proporsi kasus diabetes usia muda (terdiagnosis pada usia <40 tahun) ternyata lebih tinggi pada negara-negara di Asia, dibandingkan dengan Amerika dan Eropa. Data dari Joint Asia Diabetes Association Program menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang penderita diabetes ternyata terdiagnosis pada usia di bawah 40 tahun. 

Memang, beberapa penelitian lain telah menunjukkan usia rata-rata diagnosis diabetes pada subjek di beberapa negara Asia (termasuk Korea, Hongkong, dan China) diketahui lebih muda dibandingkan dengan subjek Amerika dan Kaukasian.

Ancaman diabetes di Asia ini tidak lepas dari perubahan gaya hidup yang pesat di negaranegara Asia, termasuk pola makan yang lebih tidak sehat dan berkurangnya aktivitas fisik. Untuk menghindari risiko diabetes, penting untuk menjaga berat badan dalam kisaran batas normal dengan menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga. Caranya? Perbanyak konsumsi buah dan sayur serta bijian utuh, sembari membatasi asupan gula, garam, dan lemak harian.

(nutrifood research center)

Fakta menarik dan bermanfaat