/

742 ibu hamil di Bolmut masuk sasaran  vaksinasi Covid-19

Ilustrasi/pexels

TORANGPEBERITA.COM- Sesuai data Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) tahun 2021, total sasaran ibu hamil di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) ada 1535. Akan tetapi yang masuk sasaran vaksinasi terlebih dahulu ada 742 ibu hamil.

Juru bicara satgas Covid-19 provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steaven Dandel mengatakan kemarin sudah masuk vaksin Moderna untuk suntikan satu dan kedua berjumlah 8100 vial untuk 113.400 dosis yang akan dipakai prioritas bagi ibu hamil.

Ia menambahkan vaksinasi bagi ibu hamil direncanakan akan dilaksanakan pada Minggu depan.

Baca Pula:  Bolmut raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 dari Kementerian PPPA

“Karena saat ini sementara dipersiapkan komunikasi resiko Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), melihat cukup banyak pengalaman terjadi pada booster ketiga untuk tenaga kesehatan,” katanya.

Sebelumnya Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan untuk proses skrining terhadap ibu hamil harus dilakukan secara rinci dan teliti. Bagi ibu hamil, proses skrining atau penafisan kepada ibu hamil harus dilakukan secara detail dibandingkan sasaran lain. Dan vaksin Covid-19 hanya bisa diberikan kepada ibu hamil yang usia kandungannya sudah 13 minggu dan berada di trimester kedua kehamilan. 

Baca Pula:  Operasi patuh samrat 2021 ini yang perlu diketahui warga Bolmut

“Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin dapat diberikan,” ujar Wiku.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan memastikan akan segera memberikan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil. Upaya pemberian vaksinasi COVID-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Hal ditetapkan melalui Surat Edaran No. HK.02.01/I/ 2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Sumber Satgas Covid-19 Sulut.

Fakta menarik dan bermanfaat