/

Perlu waspada Bolmut masuk level 4

Pengambil sampel swab test di Dinkes Provinsi Sulut. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

TORANGPEBERITA.COM- Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) masuk dalam level 4
berdasarkan hasil assesment situasi Covid-19 per 5 Agustus 2021. Hal ini menggambarkan transmisi yang tidak terkontrol dengan kapasitas respon yang belum memadai.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel mengatakan level 4 artinya adalah penyakit ini telah menyebar di dalam komunitas secara meluas.

Level 4 insiden sangat tinggi kasus yang ditularkan secara lokal dan tersebar luas dalam 14 terakhir. Risiko infeksi yang sangat tinggi untuk populasi umum.

“Sementar Level 3 itu adalah penyebaran penyakit dalam komunitas terbatas atau yang kita sebut dengan cluster,” katanya.

Baca Pula:  Operasi patuh samrat 2021 ini yang perlu diketahui warga Bolmut

Sehingga rekomendasi yang diperlukan untuk kondisi tersebut adalah pembatasan luas untuk menekan laju penularan. Pembatasan pergerakan yang ketat serta tindakan terkait perlu dilakukan seperti mengurangi jumlah pertemuan tatap muka.

Dirinya juga meminta masyarakat untuk mematuhi dan taat protokol kesehatan 6M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak lebih dari 2 meter, menghindari kerumuna, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

“Bagi kontak erat wajib melaksanakan karantina sambil menunggu hasil tes PCR, atau segera melakukan pemeirksaan RDT antigen,” jelas Dandel.

Disamping itu, Satgas juga akan memperkuat testing, tracinf dan treatment.

Baca Pula:  Arah angin bertiup sangat bervariasi warga Sulut termasuk Bolmut harus waspada

Sementara itu sampai dengan 6 Agustus 2021 ada 35 desa dari 106 desa dan satu kelurahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berdasarkan peta zona resiko masuk di wilayah zona merah.

35 desa tersebut tersebar di enam Kecamatan yang ada di Bolmut Kecamatan Pinogaluman ada dua desa zona merah, Kecamatan Kaidipang enam desa zona merah, Kecamatan Bolangitang Barat 12 desa zona merah, Kecamatan Bolangitang Timur tujuh desa zona merah, Kecamatan Bintauna tujuh desa zona merah, Kecamatan Sangkub satu desa zona merah.

Fakta menarik dan bermanfaat