/

37.530 botol minuman keras dimusnahkan di Gorontalo

Barang bukti yang dimusnahkan. (Foto instagram bea cukai)

TORANGPEBERITA.COM- Bea Cukai Gorontalo memusnahkan puluhan ribu barang ilegal yang berasal dari penindakan periode tahun 2018 hingga 2019. Sebanyak 37.530 botol minuman keras, 3.000 bungkus rokok, dan 30 botol cairan vape ilegal dimusnahkan karena melanggar ketentuan undang-undang Cukai.

Salah satu tugas Bea Cukai adalah melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal. Hal tersebut diungkapkan oleh Dede Hendra Jaya, Kepala Kantor Bea Cukai Gorontalo. “Pemusnahan barang ilegal ini menjadi bukti komitmen kami (Bea Cukai) dalam melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal,” ungkapnya.

Baca Pula:  Operasi patuh samrat 2021 ini yang perlu diketahui warga Bolmut

Upaya pemberantasan barang ilegal juga ditujukan untuk memberikan kepastian berusaha bagi industri yang mematuhi ketentuan perpajakan. Barang-barang ilegal yang dimusnahkan pada Senin 2 Agustus 2021 memiliki nilai estimasi mencapai Rp1.018.403.240 dengan potensi kerugian negara mencapai Rp769.858.880.

Pemusnahan yang dilaksanakan di tengah PPKM, program pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, diadakan di beberapa tempat terpisah untuk menghindari kerumunan. Beberapa tempat yang menjadi lokasi pemusnahan antara lain, Kantor Bea Cukai Gorontalo dan Tempat Pembuangan Akhir Talumelito.

Baca Pula:  929 warga terdampak banjir di Kabupaten Gorontalo

Sumber : bea cukai

Fakta menarik dan bermanfaat