Jenis gempa yang dirasakan warga Bolmut

  • Share
Foto twitter Daryono BMKG

TORANGPEBERITA.COM- Warga Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Senin 26 Juli 2021 merasakan guncangan gempa sekitar pukul 11.52 Wita.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun twitternya menulis hari Senin, 26 Juli 2021 pkl 10:52:03 WIB wilayah Tojo Unauna-Banggai diguncang gempa dengan magnitudo 5,8. Episenter terletak pada koordinat 0,74° LS ; 121,88° BT di laut pada jarak 55 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut Ikut Rakor Masalah Perut Rakyat

Gempa dangkal di Tojo Una-una M5,8 ini terjadi akibat dipicu oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut dengan mekanimse turun (normal fault).

Dampak Gempa Tojo Unauna M5,8 hingga saat ini blm ada laporan dampak kerusakan yg ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bhw gempa ini tdk berpotensi tsunami. Hingga pkl 11.30 WIB, hasil monitoring BMKG blm menunjukkan aktivitas gempa susulan (aftershock).

Baca Pula:  20 Tahun Terakhir Bolmut Kehilangan 18,4 Ribu Hektar Tutupan Pohon

Ia menambahkan dengan memperhatikan peta tingkat gucangan tampak muncul warna yang mendekati kuning di Tojo Una Una – Banggai dengan intensitas mencapai V MMI, bangunan lemah bisa mengalami kerusakan. Untuk itu mhn info jika ada laporan kerusakan.

Dampak guncangan gempa dan wilayah terdampak.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *