Indeks pembangunan gender di Bolmut alami penurunan

  • Share
Ilustrasi/pexels

TORANGPEBERITA.COM- Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) telah menempatkan kebijakan pengarusutamaan gender menjadi perhatian khusus sejak diterbitkannya peraturan Bupati nomor 7 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pengarustaman gender dalam pembangunan di Kabupaten Bolmut.

Yang kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran bupati tentang pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) dilingkup organisasi perangkat daerah dan surat edaran PPRG di desa kelurahan di Bolmut.

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena menjelaskan komitmen pemerintah daerah untuk mendorong percepatan pengarusutamaan gender telah tertuang secara nyata dalam RPJMD 2018-2023 melalui salah satu misi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya.

Baca Pula:  229 Bolangitang, Komunitas Legeru Reborn Bawakan Lagu Bulangita Lipuhuta

Dengan arah tujuan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melalui tiga indikator sasaran yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat kemiskinan dan rasio ketergantungan. Indikator ini kemudian dituangkan dalam strategi yaitu meningkatkan pelayanan, advokasi dan KIE keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Dan arah kebijakan yaitu meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam program keluarga berencana pemberdayan perempuan dan perlindungan anak,” jelasnya.

Baca Pula:  Dinas PPKBPPPA Perkenalkan TAKTIK CERIA Pada Pelajar SMA Negeri 1 Bolangitang

Wabup menambahkan tahun 2020 persentase anggaran responsif gender di Kabupaten Bolmut sebesar 3,78 persen dari total belanja langsung tahun 2020 atau sebesar Rp15.057.840.532. “Ini merupakam wujud komitmen dan keseriusan kami pemerintah daerah dalam mendorong percepatan pengarusutamaan gender di Kabupaten Bolmut,” ujarnya.

Sementara itu Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kabupaten Bolmut mengalami penurunan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut menyebutkan pada tahun 2020 IPG Bolmut ada diangka 86,77 tahun 2019 IPG Bolmut 86,92 dan pada tahun 2018 diangka 96,80 persen.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *