/

Jenis gempa yang mengguncang Bolaang Uki Bolsel

Foto twitter Daryono BMKG

TORANGPEBERITA.COM- Jumat 9 Juli 2021 pukul 20.31 WIB Gorontalo hingga semenanjung Minahasa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan magnitudo pemutakhiran Mw=5,7 pisenter terletak di laut 50 km arah baratdaya Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara (Sulut) kedalaman 132 km.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun twitternya menulis dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Gorontalo-Sulawesi Utara M5,7 ini merupakan jenis gempa kedalaman menengah akibat adanya deformasi slab Lempeng Utara Sulawesi yang tersubduksi ke bawah lengan utara pulau Sulawesi.

Baca Pula:  Polisi tangkap pelaku curanmor lintas Provinsi di Bolmut

Menurutnya hasil analisis mekanisme sumber gempa Gorontalo-Sulawesi Utara M5,7 menunjukkan gempa yang terjadi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Baca Pula:  Ratusan liter cap tikus diamankan polres Kotamobagu, ini lokasi razia miras

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa Gorontalo-Sulawesi Utara M5,7 tersebut. Sementara itu, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Fakta menarik dan bermanfaat