/

Bupati Boltim positif Covid-19

Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto.

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto dinyatakan positif Covid-19 sejak hari Rabu, tanggal 7 Juli 2021 setelah menjalani Swab PCR di Rumah Sakit Prof. Kandouw Manado.

“Saya resmi dinyatakan positif corona pada Rabu, tanggal 7 Juli setelah menjalani swab PCR,” kata Sachrul dilansir dari Kontras.media

Ia mengatakan dirinya telah mengikuti Swab PCR pada tanggal 3 Juli 2021 dengan hasil negatif.

“Tapi karena ada kontak erat dengan beberapa staf saya dan mereka positif, maka saya kembali melakukan Swab PCR dan hasilnya positif,” ujar Sachrul.

Namun lanjut Sachrul, pada pemeriksaan atau test Rapid Antigen, dirinya dinyatakan negatif corona.

“Tapi tadi malam hasil Rapid Antigen justru sudah negatif, tapi saya tetap waspada untuk menjaga kontak dengan orang lain, dan akhirnya saya putuskan untuk isolasi mendiri,” kata Sachrul.

Telah Diumumkan ke Publik

Setelah dinyatakan positif corona lewat Swab PCR, Bupati Boltim pun segera mengumumkan kondisinya ke publik.

Itu dilakukannya, agar seluruh masyarakatnya bisa meningkatkan kewaspadaan serta tidak abai akan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19.

“Begitu positif, di pikiran saya bagaimana harus segera memberitahukan ke publik tentang kondisi saya, agar masyarakat juga bisa waspada serta selalu menjalankan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari demi mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Baca Pula:  Gandeng LBH Pers, AJI Manado gelar pelatihan paralegal di Kotamobagu

Gejala yang Dialami

Bupati Sachrul mengaku tidak merasakan gejala yang pada umumnya seperti yang dirasakan oleh pasien corona.

Dirinya menduga hanya mengalami flu biasa seperti yang umum terjadi ketika seseorang yang imun tubuh menurun.

“Tidak ada gejala spesifik yang saya rasakan hanyalah seperti flu dan hidung tersumbat, penciuman dan perasa saya juga masih berfungsi dengan baik, tapi saya tetap harus waspada agar tidak menular ke orang lain,” ujar Sachrul.

Di masa isolasi mandiri di kediamannya yang berada di Desa Modayag, dirinya banyak mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh serta berolahraga.

“Saat ini saya hanya minum obat bisolvon dan masu hitam serta obat abatusauda, serta vitamin C, pagi hari saya berolahraga,” kata Sachrul.

Menjalankan Tugas dan Kewajiban Sebagai Bupati

Sachrul sendiri meski sedang terpapar virus corona, namun tidak melupakan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin di Kabupaten Boltim.

Di kondisi itu, dirinya memanfaatkan virtual zoom sebagai media yang bisa mengontrol kinerja aparaturnya, sehingga pelayanan prima bagi masyarakat hingga pembangunan daerah tetap berjalan maksimal.

Baca Pula:  Gandeng LBH Pers, AJI Manado gelar pelatihan paralegal di Kotamobagu

“Setelah berolahraga pagi, saya memimpin rapat virtual dengan para pejabat di jajaran Pemda Boltim,” kata Sachrul.

Lewat rapat virtual kata Sachrul, dirinya mengingatkan seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja.

“Saya juga mengingatkan satu persatu kepala dinas saya, kemian memintai progres kinerja mereka, artinya walapun dalam masa isolasi, saya tetap menjalankan tugas saya sebagai pimpinan daerah, walapun harus bekerja dari rumah (work from home),” ujarnya.

Ingatkan Protokol Kesehatan

Bupati Sachrul mengingatkan seluruh masyarakatnya untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

“Mari kita bersama memutus mata rantai penyebaran virus corona di daerah kita tercinta ini, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat dalam beraktifitas sehari-hari,” ajak Bupati.

Selain perotokol kesehatan kata Bupati, vaksinasi Covid-19 juga penting dalam membentengi diri dari penularan virus corona.

“Saat ini program vaksiansi sudah mulai dilaksanakan secara serentak. Saya berharap dan mengajak seluruh masyarakat Boltim untuk ikut berpartisipasi mengikuti vaksinasi. Kita tetap berikhtiar untuk dapat terbebas dari pandemi corona ini,” kata Bupati.

Kontras.media

Fakta menarik dan bermanfaat