Yuk warga Bolmut stop buang air besar sembarangan

Deklarasi stop buang air besar sembarangan di Kecamatan Pinogaluman. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat Pontoh membuka kegiatan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) Kecamatan Pinogaluman sekaligus verifikasi STBM 5 pilar tingkat Kabupaten Bolmut tahun 2021 yang bertempat di aula kantor camat Pinogaluman, Rabu 30 Juni 2021.

Dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah, diperlukan adanya sarana program maupun sumber daya manusia melalui rumusan kebijakan program dan kegiatan yang realistis.

“Deklarasi stop buang air besar sembarangan ini merupakan strategi awal pencapaian program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  (STBM) yaitu keadaan dimana seluruh masyarakat sadar melakukan perubahan perilaku yang berkelanjutan dan menjadi budaya hidup sehat,” ujar asisten satu.

Baca Pula:  Lantik 72 sangadi di Bolmut, Bupati ingatkan rajin turun lapangan

Lebih lanjut perilaku buang air besar sembarang dapat meningkatkan kejadian penyakit menular hingga penyakit diare, typhoid, ISPA dan lainnya bahkan hingga permasalahan gizi stunting pada bayi dan balita.

Untuk itu, pada kesemptan tersebut saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah Kecamatan Pinogaluman, jajaran dinas kesehatan bersama puskesmas Buko dan puskesmas Tuntung, atas keberhasilan dalam melakukan tugas pelayanan masyarakat di bidang kesehatan.

Baca Pula:  Jefri Misaala cetak empat gol, Persibolmut menang atas Ulul Albab 8-1

Sehingga Pinogaluman berhasil mengikrarkan seluruh masyarakat diwilayah sebagai kecamatan pertama di Kabupaten Bolmut yang bebas buang air besar semabrangan dangan capaian akses sanitasi layak atau capaian penggunaan jamban sebesar 100 persen dan kepemilikan jamban mencapai 92 persen.

Saya mengucapkan selamat kepada kecamatan pinogaluman atas capaian yang diraih dan saya berharap semoga status ini bisa dipertahankan guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

Fakta menarik dan bermanfaat