Menggapai cita-cita dengan hidup rukun dan damai

Sekda Bolmut pada acara BKSAU. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani menerima kunjungan kerja Badan Kerjasama Antar Umat Beragama ( BKSAUA) provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus tatap muka dengan pemerintah daerah, tokoh agama dan masyarakat kabupaten Bolmut yang bertempat di aula Pohohimbungo kantor Bapelitbang, Boroko, Selasa 29 Juni 2021.

Saat membacakan sambutan Bupati, sekda menyampaikan menyambut baik terlaksananya forum strategis ini, sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas, sekaligus memantapkan komitmen untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan kerukunan dan kedamaian di provinsi Sulut.

Ia menambahkan Pemda terus mengupayakan terciptanya kerukunan dan keharmonisan hubungan antara pemeluk agama dalam rangka menjaga stabilitas dan iklim yang kondusif di daerah.

Baca Pula:  Bolmut masuk daerah nominator Innovative Government Award tahun 2021

“Untuk itu, saya mengajak jajaran aparatur pemda beserta segenap komponen pembangunan dan seluruh masyarakat Bolmut, untuk senantiasa menjaga iklim kondusif guna terjaganya stabilitas keamanan dan ketertiban di kabupaten Bolmut, terutama dalam menumbuhkembangkan kerukunan intern maupun antar umat beragama,” ujarnya.

Selanjutnya mengupayakan terwujudnya kerukunan beragama tersebut, merupakan suatu hal yang penting dalam rangka membangun integrasi bangsa.

“Tentunya kita menyadari upaya untuk membangun integrasi bangsa merupakan persoalan strategis. dikatakan strategis karena integrasi bangsa menjadi dasar bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa, yang merupakan prasyarat terciptanya stabilitas nasional, yang sangat dibutuhkan untuk lancar dan suksesnya penyelenggaraan pembangunan yang kita laksanakan saat ini,” jelasnya.

Baca Pula:  Rabu Berbusa inovasi puskesmas Bolangitang sukseskas program germas

Realita menunjukkan masyarakat Bolmut adalah masyarakat majemuk yang memiliki berbagai perbedaan tetapi diikat oleh tali persaudaraan yang rukun dan senantiasa memandang kemajemukan sebagai potensi dan kekayaan yang dikaruniakan tuhan bagi daerah ini.

“Sebab hanya dengan hidup rukun dan damai akan membawa daerah ini menggapai cita-cita luhurnya yaitu mewujudkan Bolmut yang sejahtera,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat