Pilsang serentak tahun 2021 di Bolmut berbiaya satu miliar

TORANGPEBERITA.COM- Sebanyak 72 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021.

Pilsang sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2021. Berbagai persiapan telah dilakukan termasuk pembentukan panitia pilsang ditingkat desa.

Sementara itu anggaran pilsang terdiri dari dua sumber yaitu pemerintah daerah senilai Rp10 juta dan pemerintah desa Rp5 juta dengan demikian total Rp15 juta. Jika setiap desa Rp15 juta dikali 72 desa maka total anggaran pada pilsang mencapai Rp1.080.000.000

Baca Pula:  Pemain asal Bolmut jadi bagian tim Persidago yang menjuarai liga 3 Gorontalo 2021

“Anggaran pilsang tahun ini dari APBD dan APBdes,” kata kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmut Fadly Usup.

Sebelumnya Bupati menyampaikan kepada para  sangadi serta tugas utama penjabat sangadi adalah untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa mulai dari membentuk panitia pilsang menyelengarakan pemilihan sampai pada pelantikan sangadi yang definitif.

Hal ini merupakan Implementasi kebijakan dan apresiasi pemerintah daerah beserta masyarakat untuk memberikan kepercayaan dan amanah kepada seorang penjabat yang dianggap pantas dan memenuhi kriteria, dan didasarkan dengan berbagai pertimbagan lain, mengingat jabatan kepala desa adalah jabatan yang sangat strategis dalam pemerintah desa.

Fakta menarik dan bermanfaat