Peringati Harganas ke 28, pemkab Bolmut gelar pelayanan KB gratis

Kegiatan pelayanan KB gratis yang dibuka langsung oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh. (Foto Rahmat Tegila Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menghadiri kegiatan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis sejuta akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVIII tahun 2021 di Kabupaten Bolmut.

Bupati mengatakan pemerintah daerah selalu menekankan pentingnya program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Utamanya pengendalian jumlah penduduk menjadi sangat penting ditinjau dari berbagai sudut pandang.

Dari sisi kesejahteraan rakyat, pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak akan memberikan dampak positif yang berarti jika pertumbuhan penduduk juga tidak tak terkendali.

Baca Pula:  Di bawah satu komando, memimpin vaksinasi di Bolmut

Selanjutnya kata Bupati, dari sisi permasalahan sosial, kesehatan dan pendidikan, jumlah penduduk yang besar akan menimbulkan permasalahan, mulai dari pemukiman, lapangan kerja, keamanan, gizi buruk, serta berbagai masalah lain yang bersumber pada jumlah penduduk yang terlalu besar.

“Sehingga kebijakan keluarga berencana bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui usaha penurunan tingkat kelahiran,” ujar Bupati.

Sejalan dengan tujuan tersebut maka dalam rangka Harganas ke 28 tanggal 29 Juni 2021 pemerintah daerah bersama instuisi TNI/Polri, kejaksaan dan organiasi perempuan di Bolmut melaksanakan satu kegiatan pelayanan KB gratis satu juta akseptor yang dilaksanakan serentak di Indonesia.

Baca Pula:  Sekolah tatap muka terbatas di Bolmut bakal ditiadakan

Di Bolmut mendapat target capaian yaitu 589 askeptor dari BKKBN provinsi Sulut yang terdiri atas 101 Akseptor implan dan IUD, 143 akseptor suntik dan 345 akseptor pil dan kondom.

Fakta menarik dan bermanfaat