Pemuda Jeneponto di Bolmut minta Jokowi perhatikan 21 ABK asal Indonesia di perairan Timor Leste

Akbar Tala Karaengi

TORANGPEBERITA.COM- Sebanyak 21 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia, dilaporkan empat bulan terkatung-katung di kapal motor tanker Ocean Star di laut Timor Leste.

Peristiwa ini mendapat respon dari pemuda Jeneponto yang saat ini tinggal di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Akbar Tala Karaengi,  mengatakan sebagai sesama anak bangsa yang berada di perantauan, dirinya merasa ini adalah persoalan yang harus segera ditanggapi karena menyangkut nyawa dan nasib warga negara Indonesia.

“Bukankah tanggung jawab negara jelas dalam Tujuan negara Indonesia yang tertuang pada UUD 1945 alinea ke-4, yang berbunyi melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.” Katanya Jum’at 18 Juni 2021.

Baca Pula:  Bolmut perlu Waspadai Efek Peltzman

Dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi agar segera melakukan tindakan penyelamatan kepada anak bangsa yang tengah terombang-ambing di perairan Timor leste dengan kondisi yang memprihatinkan tersebut.

Seorang istri ABK asal Makassar, Nurliah (30), mengungkap suaminya harus makan mi dan menadah air hujan untuk bertahan hidup.

Baca Pula:  Depri tarik rem waspada Covid-19

“Terakhir itu katanya mengumpulkan air hujan sama makan mi untuk dia konsumsi,” kata Nurliah dilansir dari detik.com

Diketahui Suami Nurliah, Amir Hamzah (39), diketahui awalnya bertolak dari Makassar ke Pulau Batam sejak Januari 2021. Masuk Februari, Amir dan rekan-rekan ABK lainnya bertolak ke Timor Leste. Selanjutnya kabar tidak mengenakkan diterima Nurliah.

kondisi terakhir katanya mereka hanya mengonsumsi mi, itu pun bantuan dari pihak KBRI, bukan perusahaan. Kemudian pasokan BBM sudah tidak disuplai lagi

Fakta menarik dan bermanfaat