Rivai Mustapa dan Rahmawaty Latief Duta Genre Bolmut 2021

Bupati Bolmut Depri Pontoh bersama kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama serta Forum Genre. (Foto Rahmat Tegila Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menutup kegiatan pelatihan pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya yang dirangkaikan dengan apresiasi pemilihan duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2021 di Kabupaten Bolmut yang bertempat Di RM Laviesta, Rabu 16 Juni 2021.

Dalam pemilihan duta genre Bolmut 2021
Juara satu putra diraih Maulana Rivai Mustapa dan untuk putri Rahmawaty Latief. Sedangkan untuk peringkat dua Riski Mokodompit dan Felicia Syifa Tambuwun serta peringkat ketiga Redandy Fediansyah Hamani dan Faturrahmi Abusamat.

Dalam pemilihan duta genre ini, Bupati Bolmut menyampaikan Program Genre adalah jawaban ancaman kegagalan generasi berikutnya, program genre bertujuaan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melaui pemahaman tentang pendewasaan usia pernikahan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terncana, berkariri dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perncanaan sesuai siklus kesehatan repoduktif.

Baca Pula:  Banjir landa dua desa di Bolmut, 70 rumah warga terendam

“Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjahui pernikahan dini, seks pra nikah dan napza, guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan guna mencegah lahirnya anak stunting,” kata dia.

Bupati mengharapkan untuk mencapai diatas maka dibentuk pengurus forum genre dan pemilihan duta genre tingkat Kabupaten Bolmut, yang merupakan pertama kalinya dibentuk dengan harapan program kepada remaja di kabupaten Bolmut.

“Keterpilihan duta genre akan menjadikan genre sebagai icon remaja yang berncana sebagai role model bagi remaja di kabupaten Bolmut,” jelasnya.

Baca Pula:  Memimpin di tengah pandemi : keseimbangan dan harmonis

Dengan jumlah 36 kelompok pusat informasi konseling remaja yang terbesar di enam Kecamatan diharapkan dapat menjadi wadah berkumpulnya, berbagai cerita, berkreaktivas dan saling tukar informasi saya mengharapkan agar kelompok ini dapat diaktifkan, dikembangkan dan dimanfaatkan oleh pengurus forum genre agar terjalin hubungan komunikasi yang efektif, kooperatif dan mampu membantu remaja lain yang dalam permasalahan.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama menambahkan kegiatan tadi dirangkaikan dengan deklarasi penandatanganan dukungan genre melalui  program pendewasaan usia perkawinan dalam pencegahan stunting.

Fakta menarik dan bermanfaat