Catat ! Bolmut mendapat perhatian khusus RSUD disiagakan

RSUD Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyampaikan perkembangan epidemologi Covid-19 di Sulut Jumat 11 Juni 2021.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid 19, Steven Dandel menyampaikan analisa potensi pertambahan kasus positif harian di Sulawesi Utara selang empat Minggu pasca liburan lebaran dimana trend pada grafik  menunjukkan adanya peningkatan kasus yang cukup signifikan selang dua Minggu terakhir dengan peningkatan rata-rata kasus harian mencapai delapan kasus per hari, meningkat dari bulan sebelumnya (Mei 2021) yang mencapai enam kasus per hari.

Baca Pula:  Pengendalian Covid-19 di Bolmut ini yang harus diperhatikan termasuk Bansos APBD

Daerah dengan perhatian khusus untuk peningkatan kasus ini adalah Kota Kotamobagu, Bolaang Mongondow Utara, Talaud dan Kota Bitung. Yang ditemukan adanya kluster kluster keluarga dan juga cluster penduduk yang baru datang dari luar Provinsi atau terkoneksi dengan penduduk yang datang dari luar wilayah.

Dijelaskan fenomena ini sudah pernah dialami pasca liburan panjang di tahun sebelumnya. Mengantisipasi merebaknya kasus kasus in, maka Satgas Provinsi dan Satgas Kabupaten/Kota mulai kembali menggalakkan kegiatan swab masal bagi penduduk dan beberapa Kabupaten /Kota, juga mengimplementasikan PPKM mikro di lokasi yang jumlah kasusnya menonjol.

Baca Pula:  Bolmut perlu Waspadai Efek Peltzman

Langkah antisipasi lanjutan adalah menyiagakan seluruh RS karena adanya potensi meningkatnya kasus yang harus di rawat, disamping upaya untuk terus membentuk kekebalan penduduk terhadap SARS COV-2 dengan program vaksinasi.

Fakta menarik dan bermanfaat