Pesan Presiden Jokowi ke Wabup Amin Lasena

  • Share
Wakil bupati Bolmut saat mengikuti rakornas yang dibuka oleh presiden Jokowi. (Foto Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Amin Lasena mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawas Intern Pemerintah (PIP) Tahun 2021, Kamis 27 Mei 2021 secara virtual diruang rapat Bupati Bolmut.

Rakornas dibuka langsung oleh presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden berpesan kepada para Menteri, kepala lembaga, Kepala Daerah tindak lanjuti dengan serius rekomendasi dari hasil pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Jangan dibiarkan berlarut-larut, membesar dan akhirnya nanti bisa menjadi masalah hukum.

Baca Pula:  Ada Sesar Lokal, Bolmut Masuk Zona Subduksi Lempeng Laut Sulawesi

“Saya juga minta kepada para menteri, kepala lembaga, kepala daerah agar menjamin APIP bekerja secara independen dan profesional. Berikan akses dan informasi yang akurat, jangan ada yang ditutup-tutupi. Jangan karena kerja lambat, verifikasi dari APIP menjadi terhambat. Banyak terjadi ini. Dampaknya, program pemerintah juga menjadi terhambat dan terlambat,” ujar Presiden.

Tetapi saya juga ingin ingatkan lagi kepada BPKP dan seluruh jajaran APIP, keberadaan APIP untuk membantu mencapai tujuan pembangunan, bukan menakut-nakuti dan bukan mencari-cari kesalahan. Seluruh jajaran pengawas intern pemerintah harus paham mengenai ini. Jangan menunggu bertindak setelah ada kejadian, setelah terjadi kesalahan. Di masa sulit seperti sekarang ini kita perlu bekerja cepat, perkuat sinergi, perkuat kolaborasi, perkuat checks and balances, saling bekerja sama, saling koreksi, saling memperbaiki agar program-program pemerintah berjalan efektif, masyarakat mendapatkan manfaat sebesar-besarnya, bangsa kita bisa segera bangkit dari pandemi.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *