Pendapatan penjual pulsa di Bolmut meningkat saat pandemi Covid-19

Ilustrasi media sosial/pexels

TORANGPEBERITA.COM- Pandemi Covid-19 mengakibatkan beberapa sektor mengalami penurunan ekonomi di Bolmut. Walaupun demikian ada beberapa sektor mengalami pertumbuhan. Salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan adalah informasi dan komunikasi. Hal ini didorong berkembangnya orang yang memakai paket internet dan pulsa.

Salah satu penjual pulsa asal desa Bolangitang I, Kecamatan Bolangitang Barat, Yulyanty Mandatjan mengatakan saat pandemi Covid-19 penjualan pulsa meningkat.

“Hal ini juga berdampak pada pendapatan. Pembeli pulsa rata-rata untuk telpon dan digunakan untuk mendaftar paket internet,” ujarnya kepada Torangpeberita.com

Ia juga menambahkan selain itu pulsa token juga meningkat selama pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu data Badan Pusat Statistik (BPS) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) menurut lapangan usaha menyampaikan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bolmut tahun 2020. Berdasarkan data BPS perekonomian Bolmut pada tahun 2020 tumbuh sebesar 0,71 persen (data angka sangat sementara), tumbuh lebih lambat dari tahun 2019 yang tumbuh sebesar 6,17 persen.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut jalin kerjasama dengan Bank Sulutgo

BPS menjelaskan perlambatan pertumbuhan ini  disebabkan adanya pandemi Covid-19 sehingga banyak lapangan usaha yang berhenti beroperasi. Disisi lain lapangan usaha yang mencetak pertumbuhan tertinggi di antaranya informasi dan Komunikasi, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, serta jasa Keuangan dan auransi dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 11,97 persen, 9,98 persen, 7,60 persen.

Sementara itu tiga sektor yang mengalami penurunan antara lain transportasi dan pergudangan, penyediaan akomodasi makan dan minum serta jasa lainnya.

Baca Pula:  Pentingnya pengetahuan keselamatan kerja bagi petani dan pelaku usaha gula aren di Bolmut

BPS kembali menjelaskan pertumbuhan maupun penurunan yang cukup tinggi ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia. Pertumbuhan informasi dan komunikasi didorong berkembangnya orang yang memakai paket internet dan pulsa.

Misalnya saja perusahaan dan instansi yang bekerja dan mengadakan rapat lewat aplikasi zoom. Jasa kesehatan dan kegiatan sosial mengalami pertumbuhan karena pemerintah memfokuskan penuntasan Covid-19 dengan melakukan pembelian vaksin dan alat uji tes rapid maupun Swab. Dan Jasa Keuangan dan asuransi tumbuh karena kebijakan dari Bank dengan menurunkan tingkat suku bunga pinjaman.

Fakta menarik dan bermanfaat