Kata kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo Bolmut sudah melakukan program ini

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (HC) dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Selasa 25 Mei 2021. (Foto Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Hasto Wardoyo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Selasa 25 Mei 2021.

Berbagai agenda kunjungan kerja dilaksanakan oleh mantan bupati Kulon Progo ini dalam kesempatan kunjungan kerja di Bolmut, kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menjelaskan  program khusus dari BKKBN RI pada tahun 2021 yang sedang berjalan ini, salah satunya yaitu setiap tahun ada dua juta orang nikah di Indonesia yang harus discrenning dan tiga bulan sebelumnya wanita harus discrenning. Untuk saat ini, Kabupaten Bolmut sudah melakukan program ini.

Baca Pula:  Hasil liga 3 zona Sulut, Persibolmut kalah dari Bintang Muda Matali 1-0

“Saya memberi apresiasi kepada Pemkab Bolmut, karena semua program ibu hamil dan ibu menyusui akan mendapatkan pendampingan keuarga, yang merupakan kader dari BKKBN. Karena program ketiga adalah masa interval setelah melahirkan. Ada 5 juta perempuan yang melahirkan setiap tahun di Indonesia, tetapi yang ber-KB hanya 30 persen,” kata Kepala BKKBN.

“Kita harus sosialisasi, serta melakukan pemasangan KB pada saat habis melahirkan, seperti yang saat ini kita kerjakan. Oleh karenanya, jika jarak anaknya tiga tahun maka anaknya tidak stunting. Jadi, untuk mencegah stunting jarak usia anak harus lebih tiga tahun dan kehamilannya harus sehat. Itulah program unggulan kami dalam upaya mencegah stunting,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat