/

SINYAL

Kekompakan, Bupati Bolmut Depri Pontoh, wakil Bupati Bolmut Amin Lasena dan Sekda Bolmut Asripan Nani. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Belum lama ini pengguna media sosial di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) ramai-ramai membagikan foto kebersamaan, kekompakan Bupati Depri Pontoh, wakil bupati Amin Lasena dan Sekda Bolmut Asripan Nani.

Foto yang diambil Moh Firmansyah Goma (prokopim pemkab Bolmut) banyak diunggah oleh pengguna media sosial yang dijadikan status di Facebook dan Whatsaap. Foto saling menggengam tangan itu juga dibagikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemkab Bolmut dimedsos mereka.

Foto tersebut diambil disela-sela kegiatan halal bil halal yang diselenggarkan oleh pemerintah desa Bolangitang I pada Kamis 20 Mei 2021.

Foto ini seperti ‘Berbicara’ menyampaikan ke publik tentang kekompakkan dalam menjalankan tugas-tugas pembangunan daerah di Bolmut. Terlebih belum lama ini Bolmut meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke lima dari BPK RI. Predikat itu diraih berkat kekompakan bersama baik antara Bupati, wakil bupati dan Sekda serta DPRD Bolmut dan seluruh SKPD di Bolmut hingga dukungan masyarakat.

Tapi, walaupun beragam prestasi diraih pemkab Bolmut bukan berarti tanpa Pekerjaan Rumah (PR) dan pasti ada, tetap ada.

Misalnya peningkatan kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Tahun 2020 IPM Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mencapai 66,99 naik tipis dibandingkan tahun 2019 yang ada diangka 66,91 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolmut.

Disisi lain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut beberapa tahun terakhir terus memfokuskan program-program yang berkaitan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berbagai upaya terus dilakukan. Termasuk menaruh perhatian besar kepada dua sektor penting yakni Pendidikan dan Kesehatan. Hal ini disampaikan Bupati Bolmut Depri Pontoh pada beberapa waktu lalu.

Baca Pula:  Forum Genre Bolmut siap bantu pemerintah daerah

“Sektor pendidikan dan kesehatan terus kita perhatikan. Karena kedua sektor ini menentukan besarnya IPM,” kata Bupati Depri Pontoh.

Menurutnya, setiap tahunnya pemerintah daerah selalu memenuhi syarat 20 persen untuk pendidikan dan 10 persen untuk kesehatan.

“Dalam penganggaranya pun pemerintah daerah terus memperhatikan kedua sektor ini. Karena dari IPM ini, kita juga bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan yang ada di daerah,” ungkapnya.

Lanjut Bupati dua periode ini, kedepan pihaknya masih akan terus menjalankan berbagai program yang menyentuh langsung masyarakat.

“Intinya pemerintah akan berupaya memberikan yang terbaik buat daerah dan masyarakat Bolmut. Kita akan memprioritaskan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Untuk itu kami berharap masyarakat bisa terus mendukung pemerintah untuk memajukan daerah ini,” jelasnya.

Selain IPM Bolmut memiliki PR soal kemiskinan data BPS Bolmut menyebut tahun  2019 jumlah penduduk miskin di Bolmut mencapai  6.770 dan pada tahun 2020 naik menjadi 6.820.

Sebelumnya daam kegiatan pemaparan program unggulan perangkat daerah tahun 2022 forum SKPD lintas SKPD, Rabu 10 Maret 2021 di aula hotel Boroko. Isu-isu pembangunan yang dibahas adalah pertama angka kemiskinan dan gini ratio yang relatif masih tinggi.

Baca Pula:  Pemuda Jeneponto di Bolmut minta Jokowi perhatikan 21 ABK asal Indonesia di perairan Timor Leste

Kedua perlunya SDM masyarakat yang berdaya saing, ketiga perlunya peningkatan kualitas dan daya saing produk lokal, keempat perlunya penyederhanaan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Kelima perlunya pemantapan infrastruktur strategis.

Sekda Bolmut Asripan Nani menambahkan hal-hal yang perlu menjadi perhatian adalah selain persoalan kemiskinan. Bagaimana fokus dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ia mengatakan meningkatkan SDM serta investasi di daerah. Selain itu Asripan membeberkan bagimana daerah dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga persoalan infrastruktur.

Dikesempatan tersebut Sekda juga menyampaikan soal isu pertanian dimana keluhan pupuk dan bibit oleh petani. Selain pertanian sektor perikanan perlu ditingkatkan.

Ia pun menambahkan hal-hal yang harus dilakukan pada sektor kesehatan termasuk soal pelayanan dan memperhatikan masalah tenaga kerja pengangguran di daerah.

Fakta menarik dan bermanfaat