Semangat di usia senja

Konda Makalunsege berusia 87 tahun sedang mengerjakan atap daun rumbia. (Foto: Ronny Adolof Buol)

TORANGPEBERITA.COM- Konda Makalunsenge, (87), warga Desa Motabang, Kecamatan Lolak, yang masih tetap produktif di usia senja..Di pondoknya yang terletak di jalur pintu masuk Pantai Bungin, Konda merajut daun kelapa muda dengan penuh semangat.

Menyulapnya menjadi tikar, kompekodapa dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Tak hanya itu, Konda juga membuat atap dari daun rumbia, yang dijual dengan harga Rp.4.000 per lembarnya. Semua itu dilakukan Konda untuk menyambung hidup. Terutama, sejak Konda ditinggal wafat suaminya tujuh tahun lalu.

“Berseragam, seperti orang kantoran. Entah dari kantor apa. Katanya saya mau dapat bantuan. Ya karna ditanya, jadi saya jawab semua, walau napas sudah mulai tersengal-sengal. Capek juga bicara lama-lama. Maklum sudah tua,” ujar Konda sambil tertawa lepas.

Baca Pula:  20 rumah rusak akibat angin kencang melanda Talaud

Sebenarnya Konda tak sendirian, Ia memiliki delapan anak. Tak pernah terbesit di benaknya untuk bergantung hidup. Konda tidak ingin menjadi beban, Ia menyadari anak-anaknya bukan orang berada.

Konda bersama anaknya Atidja (68) yang membantunya memproduksi anyaman dari daun kelapa. (Foto: Ronny A. Buol)

“Mereka juga susah. Kasihan kalau harus direpotkan dengan segala kebutuhan saya. Saya masih kuat. Justru sebenarnya saya akan merasa sakit jika tidak bekerja,” kata Konda, dikutip dari Tentangpuan.com, Kamis 20 Mei 2021.

Baca Pula:  Banjir bandang membawa material kayu dan lumpur di Minahasa Tenggara

Kendati usia telah mengambil sebagian penglihatan Konda. Ia tak pernah menyerah. Dengan telaten satu demi satu daun kelapa muda disayat. Sayatannya masih tepat membagi lembar daun terpisah lidi. Ingatan Konda juga masih cukup baik. Ia ingat semua cucunya. Termasuk tak pernah lupa atas kunjungan orang-orang yang berkali datang menemuinya. Mempertanyakan kondisinya untuk dijadikan syarat bisa menerima bantuan, lalu kemudian pergi tak pernah kembali lagi.

Fakta menarik dan bermanfaat