Jelang lebaran mobilitas warga di pusat perbelanjaan di Gorontalo meningkat

Ilustrasi berbelanja/Pexels

TORANGPEBERITA.COM- Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, menyebut mobilitas masyarakat di 33 provinsi meningkat seminggu terakhir terutama menjelang Lebaran. Peningkatan mobilitas khususnya terjadi di pusat perbelanjaan. Menurutnya tren itu telah diprediksi pada rapat koordinasi yang pernah digelar Satgas.


“Sesuai perkiraan pada rakor pekan lalu, kita melihat tren mobilitas penduduk ke pusat perbelanjaan yang terjadi pada tujuh hari terakhir meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan pekan sebelumnya,” ujarnya pada saat Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Minggu 9 Mei 2021 dilansir dari iNews.id

Dirinya mengatakan pada periode awal Ramadan atau 21-27 April 2021 di 28 provinsi tingkat mobilitas penduduk rata-rata 15,13 persen. Namun, pada 28-5 Mei peningkatan mobilitas menjadi 24,6 persen di 33 provinsi.

“Jadi memang benar tujuh hari terakhir saat ini lebih tinggi mobilitasnya dibandingkan dengan tujuh hari di dua pekan yang lalu,” kata Dewi.

Dewi mengatakan, jika dilihat rata-rata beberapa provinsi mengalami kenaikan mobilitas sekitar 11 persen pada tujuh hari terakhir dengan rentang kenaikan paling kecil 3 persen. Bahkan kenaikan paling tinggi bisa mencapai 40 persen.

Ia menambahkan kenaikan mobilitas tertinggi ada di Maluku Utara, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo. 

“Kalau kita lihat maksimum mobilitas penduduk dalam tujuh hari terakhir di sini bisa kita lihat paling tinggi di Maluku Utara ini mencapai mobilitasnya 84 persen, diikuti Bengkulu 53 persen, Sulawesi Tenggara sekitar 51 persen, Sulawesi Barat, dan Gorontalo di angka 51 persen,” katanya.

Menurutnya hanya Bali yang tidak mengalami peningkatan mobilitas penduduk dalam tujuh hari terakhir.

“Jadi memang selalu provinsi mengalami peningkatan mobilitas dalam tujuh hari terakhir, kecuali hanya Bali, yang lain semuanya mengalami kenaikan cenderung tinggi dengan angka di atas 20, 30, bahkan ada diatas 50 persen,” tutur Dewi. 

Fakta menarik dan bermanfaat