Warga Pinogaluman Bolmut boleh masuk ke Gorontalo, Ini kata Rusli Habibie

  • Share
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meninjau posko perbatasan Gorontalo-Sulut di Bolmut. (Foto Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Terkait adanya pemberlakuan mudik dan penyekatan di pos perbatasan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberikan pengecualian kepada warga lokal untuk bisa melewati pos penyekatan di perbatasan antara Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dengan Kecamatan Pinogaluman, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Alasan pembebasan ini dikarenakan masyarakat yang ada di Pinogaluman Bolmut, tujuan mereka adalah untuk berbelanja di pasar Atinggola,  Gorut.

“Pasar Atinggola lebih dekat dari pada pasar mereka di Bolmut. Tadi (kemarin) kita lihat banyak mereka yang lewat sini karena berdagang dan berbelanja di pasar Atinggola. Nah ini kami kecualikan, kami meloloskan mereka karena melihat jarak wilayah,” kata Rusli saat meninjau perbatasan Gorut-Bolmut, Kamis 6 Mei 2021.

Walaupun demikian kata Rusli, tentu saja harus ada syaratnya. Semua warga Pinogaluman Bolmut yang bisa melintas hanya dengan alasan untuk ke pasar. Itu pun harus meninggalkan kartu tanda penduduk (KTP) yang memang beralamatkan warga desa Pinogaluman, di posko perbatasan Atinggola dan akan ditukar dengan kartu tamu.

“Saya sudah bilang tadi, mereka bisa melintas berbelanja dengan meninggalkan KTP, lalu ditukar dengan kartu tamu. Setelah mereka selesai, singgah lagi di posko kita kembalikan lagi KTP.  Kasihan juga lokasi pasar mereka lebih dekat ke Atinggola. Dan paling penting tentu saja jangan bawah penyakit, itu yang dilarang,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.