Jokowi minta pemerintah daerah segera belanjakan APBD

  • Share
Presiden Jokowi (foto BPMI Setpres)

TORANGPEBERITA.COM- Presiden Joko Widodo meminta agar pemerintah daerah segera membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal ini disampaikan dalam
dalam pengarahan kepala daerah se Indonesia, Rabu 28 April 2021.

“Saya mengajak kepada seluruh provinsi, kabupaten, dan kota segerakan yang namanya belanja pemda, belanja APBD segerakan. Karena  angka-angka yang saya lihat, yang tinggi itu baru belanja pegawai, tapi juga baru di angka 63 persen,” ujarnya.

Belanja modal per akhir Maret kemarin, belanja modalnya baru 5,3 persen, baru 5 persen, 5,3 persen, baru 5 persen, padahal yang namanya perputaran uang di sebuah daerah itu sangat menentukan pertumbuhan ekonomi.

Jadi transfer dari pusat ke daerah itu tidak dibelanjakan, tapi ditaruh di bank. Ini yang menyebabkan nanti mengerem laju pertumbuhan ekonomi, ya di sini, hati-hati.

Presiden menyampaikan akhir Maret ia melihat di perbankan daerah ada Rp182 triliun, tidak semakin turun, semakin naik, naik 11,2 persen.

“Artinya, tidak segera dibelanjakan. Bagaimana pertumbuhan ekonomi di daerah mau naik, kalau uangnya disimpan di bank? Hati-hati, saya sudah sampaikan bolak-balik ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengingatkan semua daerah agar segera menyegerakan belanja, belanja APBD, baik belanja aparatur maupun belanja modal,” jelasnya.

Tapi yang paling penting, belanja modal ini disegerakan, sehingga terjadi peredaran uang yang ada di daerah. Hati-hati Rp182 triliun, ini uang yang gede sekali. Ini kalau segera dibelanjakan itu uang berputar di masyarakat akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang tidak kecil.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *