PNS profesi penyumbang zakat terbesar di Bolmut

Sekda Bolmut Asripan Nani saat kegiatan sosialisasi zakat. (Foto Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Badan amil zakat nsional (Bazanas) Kabupaten Bolaang Monggondow Utara (Bolmut) menggelar sosailisasi zakat, infak dan sedekah oleh beretempat di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, Jumat 23 April 2021.

Sekda Asripan Nani menyampaikan zakat merupakan salah satu komponen dalam rukun Islam.

“Zakat merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap umat muslim yang dirasa mampu untuk melakukannya,” ujarnya.

Zakat memiliki arti sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Sebagian harta yang dikeluarkan tersebut berguna untuk mensucikan harta lainnya sebagimana di perintahkan oleh Allah SWT.

Asripan menambahkan di Bolmut potensi penyumbang zakat profesi terbesar ada pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beragama Islam sehingga pertumbuhan dan perkembangan zakat di Bolmut.

Sehingga diperlukan keseriusan dari kepala perangkat daerah untuk mensosialisasikan pada jajaran zakat wajib dikeluarkan setiap PNS yang beragama islam.

Sebagai wujud komitmen pemerintah daerah, pihaknya menginstuksikan kepada kepala-kepala OPD untuk dapat menarik zakat pada jajaran dilingkungan kerja masing-masing yang selanjutnya di setor pada rekening Baznas Kabupaten Bolmut.

Sementara itu ketua Baznas Kabupaten Bolmut Kurniawan Suma memberikan laporan kegiatan baznas periode 2017-2022 yang meliputi kegiatan bedah rumah, sunatan masal, bantuan mesin katinting bagi nelayan, bantuan akhir studi, bantuan kaum Dhuafa serta Bantuan bencana alam serta bantuan kemanusiaan lainnya yang bersumber dari zakat Bolmut.

Fakta menarik dan bermanfaat