Lahir di Manado, bakatnya tercium legenda Chelsea ini sosok Braif Fatari

Braif Fatari. (Instagram Braiffatari12)

TORANGPEBERITA.COM- Nama Braif Fatari hangat dibicarakan pasca gol cepatnya ke gawang Persib pada leg pertama final piala Menpora Kamis 22 April 2021.

Pemain muda Persija yang berusia 19 tahun ini sukses mencetak gol cepat pada detik ke 32. Golnya mampu membuat pertahanan Persib ‘Kacau’ sehingga laga baru berjalan 10 menit Persija sudah unggul 2-0, gol kedua Persija dicetak oleh Taufik Hidayat. Yang menjadi gol terakhir pada leg pertama final piala Menpora dengan skor akhir 2-0.

Siapa Braif Fatari ?

Dilansir dari Indosport.com Braif Fatari merupakan mutiara hitam terbaru dari Papua, tapi sebenarnya ia lahir di Manado pada 15 Juli 2002 lalu. Bakat yang terpendam Braif Fatari mulai tercium oleh legenda Chelsea, Dennis Wise.

Selain Dennis Wise, Braif Fatari juga bisa dikatakan hutang budi dengan pelatih Aples Tecuari dan ayahnya yang mendukung perkembangan kariernya. Semua itu terjadi saat turnamen Piala Menpora 2017 di Bali mewakili Papua Barat.

“Di situ (Piala Menpora 2017) saya dilihat sama pelatih saya yakni coach Aples Tecuari. Setelah itu saya disuruh ke Malang untuk seleksi pemain yang direkomendasikan masuk ke Garuda Select 2018,” kata Braif Fatari dalam rilis PSSI.

Braif Fatari pun masuk dalam tim Garuda Select 2018 yang berlatih di Inggris selama 6 bulan. Takdir kemudian mempertemukan Braif Fatari dengan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19.

Bersama Shin Tae-yong, Braif Fatari mulai mengalami perubahan posisi, dari yang awalnya gelandang serang jadi striker. Meski berubah jadi striker, Braif Fatari mengaku tak masalah, yang penting bisa membantu tim.

Dan benar saja, pengamatan Shin Tae-yong akan Braif Fatari bisa menjadi striker tidaklah salah. Memang di laga Persija vs Persib malam tadi, Braif Fatari dikembalikan oleh pelatih Sudirman sebagai gelandang serang.

Tapi melihat pergerakannya yang begitu liar sejak detik pertama hingga sepakan kerasnya yang menghujam gawang I Made Wirawan, seakan memberi tahu kita kalau insting gol Braif Fatari tidak main-main. Mungkin itu juga yang dilihat oleh Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu sepertinya memang sejak awal sudah menyadari akan potensi Braif Fatari dalam insting mencetak golnya. Oleh karena itu, Shin Tae-yong pun berani memberi posisi striker Timnas Indonesia U-19 kepada Braif Fatari.

Fakta menarik dan bermanfaat